Tol Japek II Selatan Dibuka Sepanjang 27,85 Km Saat Mudik Lebaran, Cermati Rutenya

Minggu, 02 April 2023 - 16:37 WIB
loading...
Tol Japek II Selatan Dibuka Sepanjang 27,85 Km Saat Mudik Lebaran, Cermati Rutenya
Guna menunjang kelancaran arus mudik Lebaran 2023, jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan akan kembali beroperasi secara fungsional. Foto/SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Guna menunjang kelancaran arus mudik Lebaran 2023, jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan akan kembali beroperasi secara fungsional. Berbeda dengan pengoperasian sebelumnya yang hanya 8,5 Km, tahun ini ruas yang dioperasikan lebih panjang.

Direktur Utama Japek II Selatan, Charles Lendra mengatakan, pada musim libur Lebaran 2023, Japek II Selatan bakal beroperasi secara fungsional mulai dari Sadang - Tamanmekar sepanjang 27,85 km. Para pengendara bisa masuk ke tol tersebut melalui tol Purbaleunyi Km 77 bisa keluar di Kutanegara atau Taman Mekar.

"Ruas Japek II Selatan disiapkan fungsional, jadi akan dibuka sesuai kondisi lalu lintas di Japek eksisting dan sesuai diskresi Kepolisian. Akses keluar ada dua, di Kutanegara dan Taman Mekar," terang dia saat dihubungi MNC Portal Indonesia (MPI), Minggu (2/4/2023).

Jika pengendara menggunakan jalan tol fungsional tersebut, maka nantinya masih perlu menyambung ke jalan provinsi, alias tidak langsung tersambung ke jalan tol lagi.



Apabila pengendara masuk Japek II Selatan dan Exit di akses Kutanegara, maka perlu menempuh jarak 15 Km jalan provinsi untuk bertemu dengan GT Karawang Timur. Sedangkan untuk masuk ke GT Karawang Barat jaraknya 27 Km dari akses Kutanegara.

Kemudian pengendara yang keluar di akses Taman Mekar, maka perlu menempuh 15 Km untuk sampai ke GT Karawang Barat via Sandiego Hills. Namun, jika mengakses jalan Pangkalan jaraknya 16 Km. "Jadi masih nyambung dulu ke jalan propinsi sebelum masuk gate Karawang Barat," tandasnya.



Dengan hadirnya Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 ini nantinya diharapkan bisa mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Sebagai informasi, pembangunan konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan terbagi dalam tiga paket, yaitu Paket I Jati Asih - Setu, Paket II Setu - Sukabungah, dan Paket III dari Sukabungah - Sadang.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)