Bagikan Bansos Beras, Pos Indonesia Targetkan Rampung Sebelum Idul Fitri

Senin, 03 April 2023 - 21:36 WIB
loading...
Bagikan Bansos Beras, Pos Indonesia Targetkan Rampung Sebelum Idul Fitri
Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choriana (tengah)
A A A
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) kembali dipercaya untuk mendistribusikan bantuan sosial (bansos). Kali ini Pos Indonesia menyalurkan bansos beras dari Bulog. Pos Indonesia diberi jatah menyalurkan kepada 13 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Masing-masing KPM akan mendapat beras sebanyak 10 kilogram (kg).

Pendistribusian akan dilakukan serentak pada Rabu (5/4/2023) lusa. “Harapan kami, sebelum Idul Fitri yang tahap I ini bisa kita selesaikan,” kata Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choriana dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/4/2023).

Menurut Siti, Pos Indonesia akan mendistribusikan dalam tiga tahap, yaitu: April, Mei, Juni. “Dengan apa yang kami lakukan pada bulan Ramadan ini mudah-mudahan Mei dan Juni akan semakin mudah, karena akan repetition delivery dengan jumlah yang sama. Kami mendistribusikan kepada 13 juta KPM dari total 21,3 juta, yang saat ini dapat tugas dari negara. Sisanya disalurkan oleh partner pemerintah yang lainnya,” katanya.

(Baca juga:Jokowi Diminta Lanjutkan Bansos Beras)

Bantuan pangan berupa beras ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat di Istana Negara bersama menteri dan kepala lembaga terkait, beberapa waktu lalu. Presiden memutuskan bantuan beras diberikan sebelum lebaran hingga tiga bulan mendatang untuk menjaga stabilitas pangan dan menekan lonjakan inflasi.

Dengan pengalaman membukukan catatan apik dalam penyaluran bansos, Pos Indonesia optimistis mampu mengejar target. Pendistribusian bansos beras pun telah dimulai dari wilayah paling timur Indonesia.

“Kemarin pun kami sudah melakukan pendistribusian di area Papua. Jayapura, Fakfak, Merauke. Sudah jalan dari kemarin. Program ini untuk seluruh provinsi, termasuk daerah 3T (Terpencil, Tertinggal, Terdepan). Kami bersama-sama Bulog mendistribusikan terlebih dahulu di Papua. Pemerintah berharap kami running dulu di wilayah timur,” kata Siti Choiriana yang akrab disapa Ana.

(Baca juga:Pemerintah Terjunkan Tim Selidiki Bansos Beras Dikubur di Depok)

Mekanisme dan metode penyaluran yang ditempuh Pos Indonesia hampir sama dengan penyaluran bansos sebelumnya. “Mekanismenya adalah semua data sudah diputuskan dan sudah ada dan kami akan ikuti data-data itu. Kami akan distribusikan by name, by address. Kami ambil beras dari gudang Bulog, kemudian kami distribusikan kepada para KPM,” ujar Ana.

Untuk kelancaran distribusi, Pos Indonesia selalu berkoordinasi dengan pemda setempat, Bulog, dan aparat TNI-Polri untuk pengamanan. “Tim kami siap di area-area tujuan, melakukan sosialisasi dengan perangkat daerah untuk mempercepat penyaluran karena ini bulan Ramadan supaya kami bersama-sama dapat mendistribusikan dengan lebih baik,” tutur Ana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)