Jalan Tol Japek II Selatan Fungsional di Mudik 2023, Menteri PUPR: Hanya Bisa Dilewati Siang Hari

Selasa, 04 April 2023 - 21:53 WIB
loading...
Jalan Tol Japek II Selatan Fungsional di Mudik 2023, Menteri PUPR: Hanya Bisa Dilewati Siang Hari
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pada mudik Lebaran 2023 ini Jalan tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan sudah bisa digunakan fungsional sepanjang 27,85 km dari Sadang - Tamanmekar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ), Basuki Hadimuljono mengatakan, pada mudik Lebaran 2023 ini Jalan tol Jakarta Cikampek ( Tol Japek ) II Selatan sudah bisa digunakan fungsional sepanjang 27,85 km dari Sadang - Tamanmekar.



Namun demikian ruas tol tersebut saat ini baru bisa digunakan fungsional satu arah dari arah tol Purbaleunyi KM 77 dan bisa keluar di Kutanegara maupun Tamanmekar. Selain itu jalan tol tersebut juga hanya bisa digunakan pada siang hari mengingat masih minimnya penerangan jalan.

"Kalau Japek II Selatan hanya beroperasi siang hari," kata Menteri Basuki di Gedung DPR RI, Selasa (4/4/2023).



Dihubungi secara terpisah, Direktur Utama Japek II Selatan, Charles Lendra menerangkan, kehadiran jalan tol ini diharapkan mampu mengurangi kepadatan kendaraan yang kerap terjadi di jalur-jalur Utara. Sehingga kendaraan bisa terbagi untuk masuk ke tol fungsional tersebut.

Meski demikian, Japek II Selatan saat ini menang belum terintegrasi langsung dengan gerbang tol, alias para pengendara masih harus melalui jalan provinsi untuk menyambung ke GT Karawang Barat atau Timur.

"Ruas Japek II Selatan disiapkan fungsional, jadi akan dibuka sesuai kondisi lalu lintas di Japek eksisting dan sesuai diskresi Kepolisian. Akses keluar ada 2, di Kutanegara dan Taman Mekar," kata Charles saat dihubungi MNC Portal beberapa hari lalu.

Apabila pengendara masuk Japek II Selatan dan Exit di akses Kutanegara, maka perlu menempuh jarak 15 KM jalan provinsi untuk bertemu dengan GT Karawang Timur. Sedangkan untuk masuk ke GT Karawang Barat jaraknya 27 KM dari akses Kutanegara.

Sedangkan untuk pengendara yang keluar di akses Taman Mekar, maka perlu menempuh 15 KM untuk sampai ke GT Karawang Barat via Sandiego Hill. Namun jika mengakses jalan Pangkalan jaraknya 16 KM.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)