Jelang Idul Fitri, Penjualan Busana Muslim Meningkat 7 Kali Lipat di E-Commerce

Senin, 10 April 2023 - 19:37 WIB
loading...
Jelang Idul Fitri, Penjualan Busana Muslim Meningkat 7 Kali Lipat di E-Commerce
Lebaran menjadi momentum di mana e-commerce meningkatkan pendapatan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lebaran menjadi momentum di mana e-commerce meningkatkan pendapatan. Hal itu didukung peningkatan uang yang beredar di masyarakat menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Di Tokopedia, baju koko pria dan busana muslim mengalami peningkatan transaksi 7 kali lipat di dua minggu pertama Ramadan. Kegiatan Ramadan seperti buka bersama dan sebagainya cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan," ujar Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam acara Media Gathering Bicara Tren Belanja Online Ramadhan 2023, di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (10/4/2023).



Dia mengatakan momen Ramadan busana menjadi salah satu kategori produk paling laris di Tokopedia. Selain busana muslim keluarga, scarf wanita dan baju koko pria menjadi produk terlaris di kategori pakaian. Selain itu, terdapat kategori lainnya yang mengalami peningkatan penjualan selama Ramadan, yakni produk rumah tangga, perawatan diri, makanan dan minuman, dan otomotif.

Menurut Nuraini, hal ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia selama Ramadan dan dalam rangka menyambut Lebaran. Seperti produk hampers atau parsel yang menjadi produk terlaris dalam kategori makanan dan minuman atau produk perawatan mobil dan produk interior mobil dalam kategori otomotif.

"Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan untuk kendaraan mudik. Interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat," imbuhnya.



Sementara pada kategori produk rumah tangga transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga, penyimpanan makanan dan peralatan baking mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadan.

Terakhir, pada kategori produk perawatan diri, Tokopedia mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)