Sandiaga Uno: Perputaran Ekonomi Lebaran 2023 Diprediksi Capai Rp150 Triliun

Senin, 10 April 2023 - 19:59 WIB
loading...
Sandiaga Uno: Perputaran Ekonomi Lebaran 2023 Diprediksi Capai Rp150 Triliun
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk meningkatkan penjualan. Pergerakan masyarakat di momen lebaran tahun ini diproyeksikan mencapai 123,8 juta orang dengan perputaran ekonomi mencapai Rp150 triliun.

"Momen libur lebaran ini ditargetkan akan ada perputaran ekonomi mencapai Rp100 triliun sampai Rp150 triliun. Sebab itu, pelaku usaha yang bergerak di industri parekraf harus memanfaatkan momen libur ini dan memberikan pengalaman yang baik bagi wisatawan," kata dia dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (10/4/2023).



Dia juga meminta pengelola hingga pelaku parekraf untuk berembug bersama untuk menentukan harga jual produk parekraf agar standar. Di samping itu, perlu dibarengi dengan peningkatan aspek kualitas layanan destinasi.

"Jangan sampai harga naik namun kualitas dan pelayannya masih kurang. Perlu juga memperhatikan kemampuan masyarakat, meskipun dalam momen liburan jangan sampai memberatkan masyarakat yang ingin berlibur," ujarnya.

Sandiaga juga memprediksi akan ada sejumlah destinasi wisata yang berpotensi banyak diminati wisatawan dan mengalami lonjakan kunjungan tinggi. Seperti di di Puncak Bogor, Cipanas, Cianjur, Tangkuban Perahu, Kawah Putih dan Ciwidey.



Selanjutnya di Jawa Tengah dan DIY ada Dieng, Batu Raden, Bandungan Semarang, Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan sebagainya. Terakhir di Jawa Timur ada Gunung Bromo, Wisata Jatim Park Batu, Taman Kebun Binatang Batu, dan sebagainya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3831 seconds (0.1#10.140)