Bikin Jalan Tol Tanpa Pakai Duit Negara dan Bank, Jusuf Hamka: Bukan Riya atau Sombong

Selasa, 11 April 2023 - 12:36 WIB
loading...
Bikin Jalan Tol Tanpa Pakai Duit Negara dan Bank, Jusuf Hamka: Bukan Riya atau Sombong
Jusuf Hamka ingin memberi edukasi bagi orang-orang yang selalu menganggap remeh kemampuan anak bangsanya! dengan selalu mengatakan, kalau pembuatan jalan tol pasti pakai duit negara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), M Jusuf Hamka mengklaim, terkait dengan pendanaan proyek jalan tol ruas Cilerunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) sejauh ini hingga tanggal 11 April 2023 belum menggunakan uang negara atau pinjaman dari bank. Hal itu disampaikan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @jusufhamka.

"Kepada Bapak Muhajir, Bapak Basuki dan Budi Karya, kami jelaskan bahwa saat ini perusahaan kami/PT CKJT belum...belum..belum menggunakan uang Bank. Walaupun kami sudah mendapatkan fasilitas kredit pada tanggal 28 Desember 2022 dari BSI dan PT SMI sejumlah Rp5,5 triliun. Alhamdulillah sampai saat ini tanggal 11 April 2023, kredit tersebut belum kami gunakan serupiahpun," tulisnya usai sebelumnya meninjau penyelesaian Tol Cisumdawu bersama 3 Menteri, dikutip Selasa (11/4/2023).



Namun nantinya Babah Alun -sapaan akrab Jusuf Hamka- menerangkan, bahwa begitu Cisumdawu seksi 4, 5 dan 6 sudah selesai semuanya. Fasilitasnya baru akan menggunakan dana dari negara tersebut.

"Untuk kebenarannya silahkan ditanyakan kepada semua perbankan nasional maupun mancanegara. Mohon Maaf, pemberitahuan di atas, bukan mau Riya atau sombong. Namun semata-mata hanya merupakan edukasi bagi orang-orang yang selalu su'uzon kepada pemerintah dan menganggap remeh kemampuan anak bangsanya! dengan selalu mengatakan, kalau pembuatan jalan tol pasti pakai duit negara," terangnya.



"Walau sudah saya jelaskan bahwa ini tidak pakai duit negara, namun masih juga dikatakan pakai uang bank berarti juga pakai uang negara. Nah saat ini kalau kami belum pakai uang bank satu rupiah pun, piye toh? apa masih juga dibilang pakai uang negara?," sambungnya

Jusuf Hamka juga menekankan, jangan samakan perusahaannya dengan perusahaan negara. "Janganlah gebyah uyah dengan mempersamakan perusahaan kami yang swasta seperti perusahaan negara! sampai sini faham kan? Mudah-mudahan, teman-teman bisa mencerna penjelasan singkat kami," tulis Babah Alun.

Selain itu setelah 3 Menteri meninjau Tol Cisumdawu lewat jalur darat dipastikan bahwa pada saat tanggal 18 April 2023, Cisumdawu seksi 4, 5 dan 6 sudah bisa difungsionalkan.

"Untuk masyarakat yang akan mudik, mudah-mudahan Tol Cisumdawu dapat bermanfaat dan memperlancar perjalanan teman-teman. Mohon doanya, semoga cuaca bersahabat, sehingga pada akhir Mei 2023 semuanya akan rampung dan berfungsi dengan sempurna Amin YRA," tutupnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)