Menteri Basuki Tagih Diskon Jalan Tol buat Pemudik

Rabu, 12 April 2023 - 17:14 WIB
loading...
Menteri Basuki Tagih Diskon Jalan Tol buat Pemudik
BUJT Tol Merak diharapkan memberi diskon buat pemudik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mulai memberikan potongan tarif alias diskon pada musim mudik Lebaran 2023. Hingga saat ini setidaknya terdapat dua BUJT, yaitu Hutama Karya dan Jasa Marga yang sudah memberikan diskon tarif 20% untuk tanggal tertentu.



Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemberian diskon tarif tersebut diharapkan bisa menjadi semcam insentif untuk para pemudik yang mau berangkat lebih awal sehingga mampu mengurangi kemacetan.

"Saya tunggu (tol) Merak belum ada ajuannya. Mudah-mudahan bisa memberikan diskon di situ," ujar Menteri Basuki di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/4/2023).

Menurut Basuki ada tiga faktor penting untuk diperhatikan dalam kelancaran arus mudik. Pertama terkait sarana dan prasarana, kedua regulasi, dan ketiga perilaku, baik perilaku para pemudik maupun penyelenggara jalan tol yang mendukung dengan pemberian diskon buat pemudik.

"Kalau soal lancar kan ada tiga, sarana dan prasarana, regulasi dan perilaku. (Contoh) seperti tahun lalu memotong jalur, bikin macet. Jadi bukan hanya prasarana, tapi trafik manajemennya. Kalau saya (Kementerian PUPR) prasarananya," sambung Basuki .

Lebih lanjut Menteri Basuki menjelaskan hingga saat ini baru ada dua BUJT yang memberikan diskon tarif tol, yaitu Hutama Karya untuk ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Kayu Agung sebesar 20%, dan besaran yang sama untuk Jasa Marga pada ruas tol Jakarta-Cikampek.

Pemberian diskon tarif tol terdekat untuk mendukung kelancaran arus mudik diberikan untuk periode keberangkatan pada 16-17 April, dan tanggal 26-28 April untuk periode arus balik.



"Tol di Jawa sudah saya setujui 20% diskon untuk dua hari sebelum libur dan dua hari setelah libur. Kemarin sudah ada juga dari BUJT lainnya, seperti Bakauheuni-Kayu Agung juga diskon 20% dari BUJT Hutama Karya," pungkas Menteri Basuki.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)