Puncak Arus Mudik Pelabuhan Merak Diprediksi H-3 Lebaran

Sabtu, 15 April 2023 - 14:00 WIB
loading...
Puncak Arus Mudik Pelabuhan Merak Diprediksi H-3 Lebaran
Puncak arus mudik kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Merak, Banten terjadi di H-3 Lebaran atau Rabu (19/4). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi puncak arus mudik kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Merak, Banten terjadi di H-3 Lebaran atau Rabu (19/4).

General Manager ASDP Cabang Merak Suharto mengatakan bahwa prediksi tersebut didapatkan berdasarkan dari data jumlah tiket yang telah terjual.

"Kalau untuk puncak itu kami perkiraan sesuai dengan data reservasi tiket itu sekitar tanggal 19 April puncaknya," kata Suharto saat ditemui di Kantor ASDP Cabang Merak, Kamis (14/4/2023).



Meski begitu, Suharto menjelaskan ke depannya Pelabuhan Merak terus akan mengalami peningkatan jumlah kendaraan dan penumpang. Adapun lonjakan yang tinggi akan terjadi 18 April hingga 20 April.

"Namun mulai tgl 18-20 April itu masih tinggi sesuai reservasi, dari tiga hari itu maka 19 April itu yang paling tinggi," katanya.

Untuk mengantisipasi ada kemacetan dan penumpukan kendaraan dan penumpang, Suharto mengingatkan kepada masyarakat untuk mempunyai kesadaran dalam merencanakan perjalanan baik melakukan pembelian tiket maupun keberangkatan ke pelabuhan.

"Yang menjadi tidak cukup adalah perilaku masyarakat yang memang kita harus edukais secara masif supaya pemakai jasa berdatangan sesuai dengan kuota atau jumlah hari yang di dalam tiket yang dibeli," kata dia.



Pasalnya, saat ini ASDP sudah tidak lagi menjual tiket di Pelabuhan, melainkan melalui pesanan online di mana masyarakat sudah dapat memesan tiket sejak H-60 pemberangkatan. Terlebih, saat ini Pelabuhan Merak telah memiliki 7 dermaga dan area kantong parkir kendaraan yang mampu menampung 1.000 kendaraan.

"Kalau itu sesuai dengan hari dan jam yang ditentukan di dalam tiket syaa yakin dengan 7 dermaga ini masih memungkinkan dan ideal," katanya.

Sebagai informasi, per Kamis (14/4), tercatat total reservasi pada H-7 hingga H-1 sebanyak 9.206 Kendaraan atau baru sekitar 6,67 persen, di mana reservasi tertinggi dari Merak-Bakauheni pada 19 April 2023 atau H-3 sebanyak 2.377 kendaraan atau sebanyak 12,05 persen.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)