Ribuan Pemudik Antusias Ikuti Mudik Gratis dengan Kapal Laut

Selasa, 18 April 2023 - 13:11 WIB
loading...
Ribuan Pemudik Antusias Ikuti Mudik Gratis dengan Kapal Laut
Ribuan pemudik asal Jawa Tengah mengikuti mudik gratis dengan sepeda motor menggunakan kapal laut KM Dobonsolo. FOTO/Wahyono
A A A
JAKARTA - Ribuan pemudik asal Jawa Tengah mengikuti mudik gratis dengan sepeda motor menggunakan kapal laut KM Dobonsolo kolaborasi PT Pelni (Persero) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dilaksanakan pada 15 April dan 17 April 2023. Program mudik gratis menggunakan sepeda motor itu diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah.

Dalam mudik gratis menggunakan sepeda motor dengan KM Dobonsolo gelombang kedua, Senin 17 April 2023 kemarin, dikuti sebanyak 1.939 orang dan jumlah motor sebanyak 816 unit. Pada program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut tahun 2023, Kementerian Perhubungan menyediakan kuota sebanyak 5.000 sepeda motor dan 10.000 penumpang.



Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Arif Toha mengatakan, pada gelaran Mudik Gratis menggunakan kapal laut tahun ini masyarakat lebih antusias dalam mengikutinya dibanding tahun 2022 lalu. tujuan dari kegiatan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini sebagai upaya untuk mengalihkan kepadatan pemudik dengan sepeda motor karena pemudik.

Sebelumnya pada Sabtu, 15 April 2023 juga telah dilakukan gelombang pertama Mudik Gratis menggunakan sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Di gelombang pertama sebanyak 1.587 pemudik beserta 730 unit motor berhasil diangkut KM Dobonsolo
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara simbolik melepas ribuan pemudik yang mengikuti Mudik Gratis dengan kapal laut tersebut.

Muhadjir mengimbau kepada para pemudik untuk menjaga keselamatan dan kesehatan. "Selamat jalan ya, hati hati kalau capek jangan dipaksakan naik motornya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kasihan keluarga menunggu di rumah, " ujar Muhadjir, Sabtu (15/4) yang melakukan tanya jawab dengan Idris, salah satu pemudik tujuan Boyolali, Jawa Tengah. Muhadjir meminta kepada Idris agar tahun depan bisa mengajak lebih banyak lagi anggota keluarga atau tetangga untuk mengikuti program Mudik Gratis menggunakan kapal laut ini.



Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah melalui kepemimpinan Presiden Jokowi akan berusaha semaksimal mungkin untuk terus memberi pelayanan terbaik dalam program Mudik Gratis menggunakan kapal laut yang rutin digelar setiap tahun ini. Dirut PT Pelni Tri Andayani meminta kepada masyarakat yang mengikuti mudik gratis menggunakan kapal laut untuk menjaga ketertiban dan kebersihan di atas kapal. " Karena bagaimanapun kapal ini kan fasilitas publik yang harus kita jaga bersama, " pintanya.

Jummlah pemudik yang akan diangkut KM Dobonsolo kemarin sebanyak 1.587 orang dengan 730 unit motor. Sementara untuk tanggal 17 April besok, sesuai prediksi dan kebiasaan setiap tahunnya, jumlah pemudik mencapai puncaknya dengan jumlah 2.495 orang dan 1.090 unit motor.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)