Dua Menteri Utama Saudi Jamu Mendag Zulkifli Hasan di Jeddah, Ini yang Dibahas

Rabu, 19 April 2023 - 08:23 WIB
loading...
Dua Menteri Utama Saudi Jamu Mendag Zulkifli Hasan di Jeddah, Ini yang Dibahas
Mendag RZulkifli Hasan, Mendag Arab Saudi Majid Bin Abdullah Al-Qasabi dan Mensesneg Arab Saudi Mohammad bin Abdul Malik Al Ash-Shaikh. FOTO/dok.Kemendag
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memenuhi undangan dari Minister of Trade and Investment atau Mendag Arab Saudi Dr. Majid Bin Abdullah Al-Qasabi untuk berbuka puasa dan salat magrib di rumah pribadinya, Jeddah, Selasa (18/4/2023) malam.

Acara tersebut turut dihadiri Menteri Sekretaris Negara Mohammad bin Abdul Malik Al Ash-Shaikh. Jamuan buka puasa yang diterima Mendag Zulkifli Hasan berlangsung penuh kekeluargaan lantaran menghadirkan anak, menantu, dan cucu dari Mendag Arab Saudi Dr. Majid Bin Abdullah Al Qasabi.

Dalam kesempatan itu, Mendag Zulkifli menyampaikan komitmen dari Mendag Arab Saudi Majid Bin Abdullah Al-Qasabi untuk meningkatkan produktifitas perdagangan. Hal ini termasuk mengatasi berbagai masalah ekonomi dan perdagangan kedua negara.

"Mendag Saudi berkomitmen untuk mengatasi berbagai masalah ekonomi dan perdagangan antara kedua negara," ujar Mendag Zulkifli Hasan melalui siaran pers, Rabu (19/4/2023).



Dalam 10 bulan terakhir, Mendag Zulkifli telah bertemu selama 3 kali dengan Mendag Arab Saudi Majid Bin Abdullah Al-Qasabi yakni sejak G20, kunjungan kerja januari 2023 dan terakhir pertemuan di kediaman Mendag Saudi di Jeddah pada tanggal 18 April 2023 ini.

Zulkifli menuturkan tindak lanjut tersebut ialah dengan sikap dari Otoritas Makanan dan Obat Saudi atau Saudi Food and Drug Administration (SFDA) yang memberikan pengecualian produk unggas untuk bisa diekspor ke Saudi dengan catatan telah melalui proses pemanasan.

"Pada bulan Mei, SFDA akan melakukan on site inspection ke 8 Unit Pengolahan Ikan Indonesia sehingga produk perikanan Indonesia bisa masuk ke Saudi," jelas dia.

Sementara itu, Mendag Arab Saudi Dr. Majid Bin Abdullah Al-Qasabi menyampaikan, jika Perdana Menteri Saudi Mohammad Bin Salman (MBS) telah menandangani persetujuan pembantukan Komite Bilateral Negara Arab Saudi dan Indonesia

"MBS dua hari lalu menyetujui dan menandatangani pembentukan komite Bilateral antara Indonesia dan Saudi yang dipimpin oleh MBS dan Presiden Jokowi yang terdiri dari 4 bidang," tutur Majid.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)