Profil PT CNMP, Kontraktor Jalan Tol Milik Jusuf Hamka yang Awalnya Didirikan Mbak Tutut Soeharto

Rabu, 19 April 2023 - 12:54 WIB
loading...
Profil PT CNMP, Kontraktor Jalan Tol Milik Jusuf Hamka yang Awalnya Didirikan Mbak Tutut Soeharto
Profil PT CNMP, kontraktor jalan tol milik Jusuf Hamka. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Profil PT CMNP atau PT Citra Marga Nusaphala Persada, kontraktor jalan tol milik Jusuf Hamka . CMNP adalah perusahaan swasta yang menjadi pelopor dalam pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol ruas Cawang-Tanjung Priok (north south link/NSL).

Awalnya, perusahaan ini didirikan putri sulung mantan Presiden Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana atau akrab dipanggil Mbak Tutut , di Jakarta pada 13 April 1987. CMNP pada mulanya merupakan konsorsium yang terdiiri dari beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta nasional di bidang infrastruktur, khususnya pengusahaan jalan tol dan kaitannya. Perusahaan lalu diberikan kepercayaan untuk membangun jalan tol ruas Cawang - Tanjung Priok.



Setelahnya, CMNP diberikan kepercayaan oleh pemerintah untuk membangun jalan tol ruas Tanjung Priok - Jembatan Tiga/Pluit (harbour road/HBR), Penyelesaian keuda ruas jalan tol sepanjang 32,96 kilometer (km) dengan masa konsesi 31 tahun 3 bulan tersebut telah memungkinkan sistem jaringan jalan Tol Dalam Kota Jakarta ruas Tomang - Cawang - Tanjung Priok - Ancol Timur - Jembatan Tiga - Pluit - Grogol - Tomang atau Tol Ir/ Wiyoto Wiyono beroperasi secara terpadu di bawah pengelolaan bersama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Pada 10 Januari 1995, perusahaan mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia. CMNP pun mendirikan empat anak perusahaan, yakni PT Citra Margatama Surabaya untuk mengelola konsesi jalan Tol Lingkar Timur Surabaya, PT Citra Waspputowa yang memegang konsesi jalan tol ruas Depok - Antasari; PT Citra Persada Infrastruktur sebagai spesialis operation & maintenance jalan tol, dan PT Citra Marga Nusantara Propertindo di bidang properti dan pengembangan kawasan.

Pada 2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui surat Nomor BM.02.02-Mn/1678 tanggal 26 Agustus 2019 menerima usulan pengembangan jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono. Section Harbour Road II untuk dikerjakan sebagai penambahan lingkup jalan Tol Cawang-Tanjung Priok - Ancol Timur - Jembatan Tiga/Pluit.



Perusahaan kemudian melakukan pengeboran pertama proyek pengembangan ruas Ancol Timur-Pluit (HBR II) sepanjang 9,6 kilometer (km) pada 2021. Selain itu, perseroan melakukan peresmian Gerbang Tol Pisangan yang terkoneksi dengan Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu (Becakayu).

Sebagai pemegang saham utama, pemegang saham utama PT Citra Marga Nusaphala Persada ini telah memiliki aset senilai Rp15 miliar dari statusnya sebagai pemilik perusahaan CMNP. Jusug Hamka juga meningkatkan pangsa pasar PT CMNP menjadi 6,09% dari semula 6,05%. Dari kepemilikan tersebut, Jusuf Hamka disebut telah menghabiskan Rp 3,92 miliar untuk membeli 1,96 juta saham CMNP. CMNCP juga merupakan pemilik tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)