Hadapi Puncak Arus Mudik, Menteri ESDM Pastikan Stok BBM dan Distribusi Lancar

Kamis, 20 April 2023 - 11:20 WIB
loading...
Hadapi Puncak Arus Mudik, Menteri ESDM Pastikan Stok BBM dan Distribusi Lancar
Menteri ESDM Arifin Tasrif menerangkan, stok nasional BBM dalam kondisi aman selama periode Lebaran 2023 yakni ketahanan stok nasional selama 15-66 hari. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian ESDM terus memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) aman serta distribusi berjalan lancar di wilayah Jawa Tengah selama puncak arus mudik Lebaran 2023. Kepastian ini didapat setelah Menteri ESDM Arifin Tasrif melakukan peninjauan di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Semarang, Rabu (19/4/2023) kemarin.

"Hari ini memasuki puncak arus mudik dan stok BBM dipastikan aman dan lancar di Jawa Bagian Tengah dan insyaAllah siap (stok BBM)," kata Arifin dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Kamis (20/4/2023).



Arifin menambahkan, stok BBM dipastikan aman terutama saat puncak arus mudik yang di prediksi pada tanggal 19 - 21 April 2023 dan puncak arus balik terjadi 2 (dua) kali yaitu pada 24 - 26 April 2023 dan 29 April - 1 Mei 2023. Saat ini ketahanan stok nasional selama 15-66 hari sehingga stok nasional dalam kondisi aman selama periode Lebaran 2023.



Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (Satgas RAFI), sambung Arifin, terus mengoptimalkan infrastruktur untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus mudik saat pengisian BBM salah satunya dengan menyiapkan 12 SPBU modular atau Pertashop di sepanjang jalur tol Jawa Bagian Tengah.

"Kios-kios (pertashop) ini dibuka salah satunya untuk memecah kepadatan dan kemungkinan akan di evaluasi untuk dilakukan penambahan agar masyarakat lebih nyaman," tambah Arifin.

Menurutnya, pertashop berfungsi untuk memecah antrean kendaraan yang mengisi bahan bakar pada rest area besar.

Hal senada juga disampaikan oleh Dirut Pertamina Nicke Widyawati yang menerangkan, langkah lain untuk mengurai kepadatan arus mudik juga disediakan 91 unit motor pengiriman bahan bakar atau motorist dan 3 unit mobil pikap guna memenuhi kebutuhan bensin pemudik yang mengalami kekurangan di tengah jalan tol.

"Untuk memecah kepadatan, kita juga menyediakan motorist yakni untuk pemudik yang ditengah perjalanan belum sampe SPBU sudah membutuhkan tambahan BBM bisa menghubungi call center 135, share location dan motorist terdekat akan mengirimkan," jelas Nicke.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3012 seconds (0.1#10.140)