Menteri ESDM Tinjau Langsung Layanan Pertamina Siaga Selama Arus Mudik

Jum'at, 21 April 2023 - 13:25 WIB
loading...
Menteri ESDM Tinjau Langsung Layanan Pertamina Siaga Selama Arus Mudik
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat meninjau langsung sarana dan fasilitas operasional layanan BBM dan LPG bagi para pemudik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Seiring meningkatnya arus mudik jelang Hari Raya Idulfitri 2023, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meninjau langsung sarana dan fasilitas operasional layanan BBM dan LPG bagi para pemudik. Menteri ESDM yang didampingi direksi Pertamina memastikan layanan dalam kondisi prima untuk para pemudik yang akan melintasi penyeberangan Merak-Bakaheuni serta Tol Trans-Jawa ruas Semarang-Solo.

Menteri ESDM melakukan peninjauan langsung mulai Rabu (18/4), didampingi Kepala BPH Migas Erika Retnowati dan Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution. Adapun lokasi peninjauan meliputi SPBB (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Bunker) 37-42413 Merak, SPBU 34.424.09 Gerem, Fuel Terminal Tanjung Gerem.



Peninjauan langsung juga digelar di wilayah Semarang-Solo oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Lokasi peninjauan antara lain SPBU 44.501.02 Bandarharjo dan SPBU di Rest Area KM 429 A, KM 456 A, dan KM 456 B Tol Semarang-Solo.

"Harapan mudik tahun ini BBM cukup, masyarakat bisa terlayani dengan baik, kecelakaan itu kalau bisa ditiadakan, kita doakan semuanya," ungkap Arifin saat mencoba langsung layanan motorist Pertamina Delivery Service, yang merupakan salah satu layanan tambahan Pertamina Siaga di SPBU 34.424.09 Gerem, Cilegon, Jumat (21/4/2023).

Arifin juga menyapa langsung sekaligus memberikan apresiasi kepada operator SPBU serta Awak Mobil Tangki yang tengah bertugas di lapangan. Dia turut berpesan agar tim Pertamina Siaga selalu meningkatkan aspek keselamatan dalam operasi serta terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

"Supervisi di lapangan ditingkatkan. Ciptakan iklim kerja yang kondusif dan teamwork. Ini amal kita. Layanilah konsumen dengan hati," pesannya di tengah-tengah peninjauan Terminal BBM Tanjung Gerem, Banten.



Menanggapi arahan terseut, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menegaskan komitmen untuk terus menjaga keandalan pasokan BBM serta terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. "Sesuai arahan Menteri ESDM, kami berkomitmen untuk terus menjaga agar stok BBM di terminal maupun di SPBU selalu dalam kondisi aman. Beberapa masukan dari Menteri ESDM akan menjadi bahan evaluasi kami, untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat selama momen arus mudik Lebaran tahun ini," tegasnya.

Mendukung kelancaran arus mudik hingga arus balik Lebaran tahun ini, Pertamina Patra Niaga menyiagakan tim Satgas RAFI (Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri) mulai 1 April hingga 2 Mei 2023 untuk menjamin ketersediaan distribusi BBM, LPG dan Avtur tetap terjaga selama periode Ramadan dan Idul Fitri 1444 H. Selama masa Satgas RAFI, Pertamina turut menyiagakan berbagai layanan tambahan (BBM dan non BBM), di luar fasilitas utama, yang dapat dimanfaatkan untuk para pemudik.

"Baik stok maupun penyaluran di berbagai sarana dan fasilitas ini akan dimonitor di Integrated Enterprise Data & Center Command Center (IEDCC) yang siaga selama 24 jam, termasuk ada koneksi CCTV ke 617 SPBU di jalur utama. Untuk lokasi tol baru seperti Cisumdawu yang belum ada SPBU, kami juga sudah siapkan SPBU modular agar kebutuhan BBM konsumen tetap terjaga," terang Alfian
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)