Tol Fungsional Japek II Selatan Siap Dibuka pada Puncak Arus Balik Lebaran

Jum'at, 21 April 2023 - 19:00 WIB
loading...
Tol Fungsional Japek II Selatan Siap Dibuka pada Puncak Arus Balik Lebaran
Tol Japek II Selatan siap difungsikan untuk hadapi puncak arus balik Lebaran. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap mengoperasikan secara fungsional jalur Japek II Selatan untuk mendukung kelancaran arus balik Lebaran 2023.



Direktur Utama PT JJS Charles Lendra mengatakan, pengoperasian Japek II Selatan akan mengacu pada diskresi kepolisian. Terutama dalam menimbang volume kendaraan di jalan tol yang apabila padat bisa ditumpahkan ke Japek II Selatan.

"Akan dibuka pada periode arus balik. Semua tergantung kondisi di jalan tol Japek dan sesuai diskresi kepolisian," ujar Charles saat dihubungi MNC Portal, Jumat (21/4/2023).

Pada periode Lebaran ini, Japek II Selatan bakal beroperasi lebih panjang dibandingkan dengan musim liburan sebelumnya. Pada tahun ini Japek II Selatan yang bisa difungsionalkan sepanjang 28,5 km Segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar.

Charles menjelaskan terdapat dua opsi rute yang dapat dipilih pengguna jalan. Rute pertama yaitu SS Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 Km, dan rute kedua yaitu Sadan-Taman Mekar sepanjang 28,5 Km.

"Untuk tanggal kapan diberlakukannya, tidak ada yang bisa memastikan, karena tergantung kondisi kepadatan lalu lintas di tol Japek," kata Charles.

Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadi dasar pengalihan arus lalu lintas ke jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan. Di antaranya kepadatan di SS Dawuan Km 66, kepadatan antrean di GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang serta tidak adanya kepadatan lalu lintas pada jalan nasional setelah akses keluar dari jalur fungsional.

Sebagai informasi tambahan, jika pengendara menggunakan jalan tol fungsional tersebut, maka nantinya masih perlu menyambung ke jalan provinsi, alias tidak langsung sambung ke jalan tol lagi. Akses masuk ke jalur fungsional tersebut tepatnya berada di KM77 tol Purbaleunyi.

Apabila pengendara masuk Japek II Selatan dan exit di akses Kutanegara, maka perlu menempuh jarak 15 km jalan provinsi untuk bertemu dengan GT Karawang Timur. Sedangkan untuk masuk ke GT Karawang Barat jaraknya 27 km dari akses Kutanegara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2169 seconds (0.1#10.140)