Tips Bijak Mengelola Uang THR Agar Tak Habis Sia-sia

Sabtu, 22 April 2023 - 17:43 WIB
loading...
Tips Bijak Mengelola Uang THR Agar Tak Habis Sia-sia
Bila tidak dikelola dengan bijak, uang tunjangan hari raya (THR) bisa habis sia-sia. Berikut 7 tips cara menyimpan uang THR dan mengelolanya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bila tidak dikelola dengan bijak,uang tunjangan hari raya (THR) bisahabis sia-sia. Bagi Anda yang sudah bekerja tentu tidak asing lagi dengan THR yang selalu dinanti di momen Lebaran 2023.



Tentu sangat menyenangkan mendapatkan uang THR, karena kamu akan merasa seperti sedang mendapatkan dua kali gaji. Sebab, THR umumnya bernilai satu kali gaji dan diberikan oleh perusahaan atau orang yang mempekerjakanmu menjelang Hari Raya Idul Fitri.



Akan tetapi, jika kamu tidak bijak, bisa jadi uang THR ini cepat habis. Oleh sebab itu, simak cara menyimpan uang THR dan tips mengelola nya.

1. Menentukan prioritas

Saat mendapatkan uang dalam jumlah besar, tentu kamu sering kali kebingungan, mau digunakan untuk apa saja uang tersebut? Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah menentukan prioritas terlebih dahulu sebelum memisahkan uang-uang tersebut ke dalam pos-pos berbeda. Jangan sampai kamu lupa dengan kebutuhanmu sehingga gagal dalam mengelola uang THR tersebut dan menggunakannya tidak sesuai dengan rencana awal.

2. Langsung sisihkan untuk menabung

Usai menentukan prioritas, sebaiknya langkah awal yang perlu dilakukan ketika menerima THR yaitu langsung menyisihkan uang tersebut untuk menabung. Jika perlu, sisihkan dalam jumlah yang lebih besar, sehingga uang yang kamu gunakan untuk berbelanja tidak lebih besar dari uang THR yang kamu masukkan ke dalam tabungan. Jika sudah terbiasa melakukan investasi, akan lebih baik lagi jika kamu bisa mengelola uang THR menjadi tambahan modal investasi.

3. Gunakan untuk membayar hutang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)