Duh, Ternyata Digitalisasi UMKM Kepentok Modal dan Akses Internet

Selasa, 21 Juli 2020 - 15:57 WIB
loading...
Duh, Ternyata Digitalisasi UMKM Kepentok Modal dan Akses Internet
Digitalisasi UMKM kepentok modal dan akses internet. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Deputi Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM RI Eddy Satriya mengatakan pihaknya sudah memetakan beberapa tantangan dalam mendigitalisasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah Covid-19. Di antaranya adalah ketersediaan akses internet dan modal yang terbatas.

"Permasalahan digitalisasi UMKM, ketersediaan akses internet dan permodalan terbatas," kata Eddy dalam diskusi virtual, di Jakarta, Selasa (21/7/2020).



Selain itu, lanjut dia, pemahaman dari pelaku UMKM terhadap teknologi, pemasaran online terbaras, proses produksi dan akses pasar daring yang masih dinilai belum cukup optimal. Tidak hanya itu, konsumen juga masih banyak yang merasa tidak aman melakukan transaksi digital. "Untuk menyelesaikan permasalahan itu perlu ada kolaborasi Kementerian KUKM, Kemenristek dan Kementerian BUMN," ujarnya.



Dia mengaku akan melakukan beberapa terobosan yakni terus melakukan pengadaan infrastruktur digital, penyediaan akases internet, memperkuat modal, pelatihan digital UMKM, dan pendampingan kepada pebisnis UMKM. "Nantinya diharapkan menghasilkan output berupa peningkatan produksi, omzet, skala penjualan yang lebih besar dan manajemen usaha yang lebih baik," ujarnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)