Kunci Sukses Scoot: SDM Berkualitas, Adaptasi Teknologi, dan Terus Berinovasi

Kamis, 04 Mei 2023 - 14:03 WIB
loading...
Kunci Sukses Scoot: SDM Berkualitas, Adaptasi Teknologi, dan Terus Berinovasi
CEO Scoot Leslie Thng. Foto/KoranSindo
A A A
JAKARTA - Scoot, maskapai bertarif rendah (low-cost carrier), mampu bertahan melalui gerusan pandemi Covid-19. Eksistensi airlines yang berbasis di Singapura ini justru semakin nyata dengan diperkenalkannya rute baru dan penambahan armada. Bagaimana strategi Scoot melalui pandemi? Serta terobosan-terobosan dan strategi Scoot untuk tetap menjadi pilihan nomor satu di kelasnya? Berikut petikan wawancara dengan CEO Scoot Leslie Thng.



Apa strategi Scoot bertahan sebagai low-cost carrier selama pandemi?

Terlepas dari ketidakpastian ekonomi, permintaan perjalanan diperkirakan akan tetap tinggi di masa mendatang. Pada akhirnya, konsumen perlu terhubung dengan orang-orang terkasih, menjelajahi budaya baru, dan mendapatkan pengalaman baru.

Pandemi telah mengajarkan kita beberapa pelajaran penting, salah satunya adalah perlunya kelincahan bisnis, dan mampu bereaksi dengan cepat terhadap perubahan tren industri dan preferensi konsumen.

Sejak pandemi, kami harus membangun kembali jaringan penerbangan, permintaan perjalanan, kepercayaan pelanggan, dan ekosistem penerbangan secara umum. Dengan tetap dinamis, kami menjadi salah satu maskapai penerbangan pertama yang memulihkan kapasitas dan memanfaatkan permintaan yang tinggi dari konsumen dengan segera setelah pembatasan perjalanan dilonggarkan. Pada akhir tahun 2022, Scoot telah mengoperasikan kembali lebih dari 80% kapasitas sebelum pandemi. Ke depannya, kami akan terus mencari peluang-peluang bisnis mengikuti perkembangan pasar dan mengkaji jaringan penerbangan, frekuensi penerbangan, dan sumber daya. Kami juga akan terus berinovasi dan mendorong berbagai batasan untuk menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih unik dan mengesankan bagi para pelanggan kami dengan meningkatkan ekosistem survei untuk mengumpulkan feedback dari pelanggan untuk perbaikan serta berinvestasi dalam otomatisasi untuk mendorong kemampuan layanan mandiri yang lebih besar.

Kedua, kami akan terus berupaya mencapai keunggulan operasional dengan meningkatkan infrastruktur utama, memperbaiki proses bisnis untuk meningkatkan efisiensi, dan mengoptimalkan sumber daya kami untuk meningkatkan finansial secara keseluruhan. Sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah yang merupakan anak perusahan dari Singapore Airlines (SIA), kami telah memanfaatkan sinergi SIA Group dengan mengintegrasikan teknologi serupa yang diadopsi oleh SIA untuk meningkatkan produktivitas. Scoot juga terus mendukung tujuan keberlanjutan industri penerbangan. Secara bertahap hingga tahun 2026 mendatang, kami berencana untuk memensiunkan pesawat lama dan beralih ke armada generasi baru, termasuk E190-E2 yang baru. Hal ini memungkinkan kami untuk terus mengoperasikan armada yang modern dan hemat bahan bakar, sejalan dengan komitmen terhadap lingkungan dan target nol emisi karbon SIA Group pada tahun 2050.

Yang tak kalah penting, kami tetap berkomitmen untuk fokus pada karyawan dan mengembangkan mereka. Selama pandemi, Scoot mempertahankan banyak staf operasional, pilot, teknisi, dan awak kabin, serta terus melatih mereka untuk memastikan bahwa mereka tetap mengikuti perkembangan terbaru dalam hal kualifikasi dan keahlian. Untuk mendukung peningkatan yang berkelanjutan, kami akan melanjutkan proses rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan operasional kami.

Sekarang ini, banyak yang memilih penerbangan jarak jauh. Apakah Scoot menawarkan rute baru?

Saat ini, Scoot melayani penerbangan jarak jauh ke Athena empat kali seminggu, Jeddah tiga kali seminggu, dan Berlin dua kali seminggu. Meskipun sebagian besar pelanggan memilih penerbangan jarak pendek di wilayah Asia Tenggara dan Asia Pasifik, kami tetap dinamis dan fleksibel dalam menyesuaikan jaringan penerbangan seiring dengan perkembangan dan peluang yang ada.

Per Maret 2023, kami menawarkan 65 destinasi untuk pemesanan di 15 negara dan wilayah di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Eropa. Kami berupaya untuk melakukan pemulihan jaringan penerbangan secara penuh pada akhir tahun 2023.

Selain rute-rute penerbangan yang dimulai kembali, kami juga meluncurkan beberapa rute baru termasuk ke Davao di Filipina, Jeju di Korea Selatan dan Miri di Malaysia. Untuk Indonesia, kami meluncurkan layanan penerbangan penumpang ke Lombok dan Makassar, yang sebelumnya dioperasikan oleh SilkAir. Kami juga meluncurkan penerbangan non-stop ke Seoul di Korea Selatan dan Tokyo di Jepang, di samping penerbangan satu arah melalui Taipei.

Ada kabar, Scoot akan menambah pesawat Embraer E190-E2. Respons apa yang diharapkan dari penumpang?

Kami sangat senang dapat menambahkan sembilan Embraer E190-E2 baru ke dalam armada kami. Scoot akan menjadi maskapai Singapura pertama yang mengoperasikan E190-E2, yang memiliki 112 kursi dan digunakan untuk penerbangan jarak pendek dan menengah hingga lima jam. Pesawat baru ini akan secara efektif melengkapi pesawat Airbus A320 dan Boeing B787 yang lebih besar dalam armada Scoot, yang melayani rute-rute yang lebih pendek ke tujuan non-metro di luar Singapura.

Pesawat baru ini meningkatkan konektivitas kami di wilayah ini dan memungkinkan kami untuk menyesuaikan kapasitas dengan permintaan secara lebih baik. Kami berharap para pelanggan, baik yang sudah ada maupun yang potensial, akan sangat antusias dengan peluang perjalanan baru bersama Scoot.

Apakah ada rencana untuk menjalin kerja sama baru dengan pihak lain? Jika ada bisa dijelaskan?

Pada bulan Agustus 2022, Scoot menjadi maskapai penerbangan internasional pertama di kawasan ASEAN yang bermitra dengan The Pokémon Company untuk meluncurkan proyek Pokémon Air Adventures. Proyek ini mencakup pengalaman penerbangan bertema, dengan Pikachu Jet yang menggunakan Boeing 787-9 Dreamliner dengan corak, interior, dan fasilitas Pokémon yang eksklusif untuk menghadirkan pengalaman yang tiada duanya kepada para penggemar Pokémon pada liburan mereka berikutnya.

Kami meluncurkan kemitraan ini tahun lalu bertepatan dengan dimulainya kembali perjalanan secara bertahap setelah pandemi untuk menghadirkan senyuman kepada pelanggan kami dan menghidupkan kembali kecintaan terhadap perjalanan. Kemitraan ini selaras dengan DNA maskapai penerbangan kami untuk menjadi maskapai penerbangan yang menyenangkan dan inovatif. Meskipun kami tidak menjajaki kemitraan lain untuk saat ini, kami tetap berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan keunikan produk-produk kami dan menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih unik kepada pelanggan kami.

Apa saja rute favorit penumpang Scoot?

Hal ini bervariasi di berbagai negara tempat kami beroperasi. Bagi pelanggan kami di Indonesia, Bangkok, Seoul dan Tokyo merupakan beberapa destinasi favorit yang selalu ramai dikunjungi sepanjang tahun. Kami juga beroperasi ke Jeddah di Arab Saudi untuk mendukung para peziarah yang melakukan perjalanan haji.

Sebelum pandemi Covid-19, destinasi Tiongkok seperti Guangzhou dan Hangzhou sangat populer di kalangan pelanggan Indonesia. Kami secara progresif membuka kembali layanan penerbangan dari dan ke Tiongkok dan bertujuan untuk meningkatkan total penerbangan kami menjadi 57 kali seminggu pada akhir Juni 2023.

Kami juga akan meningkatkan frekuensi penerbangan untuk melayani permintaan liburan musim panas ke destinasi favorit seperti Manado di Indonesia, Athena di Yunani, dan Perth di Australia.

Indonesia tetap menjadi jaringan utama bagi Scoot, dan kami berkomitmen untuk terus menghubungkan para wisatawan dengan nyaman dari Indonesia ke jaringan destinasi kami di Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Eropa.

Apakah ke depan, Scoot masih tetap fokus di sektor LCC? Apakah ada rencana menambahkan fasilitas premium di pesawat Anda?

Scoot didirikan sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah yang merupakan anak perusahaan dari Singapore Airlines (SIA) dan akan terus melengkapi sister company kami dalam hal destinasi dan nilai yang ditawarkan kepada para pelanggan. Kami akan terus beroperasi sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat dan bercita-cita untuk menjadi tolok ukur bagi perjalanan hemat yang berkualitas di industri ini.

Saat ini, kami menawarkan pengalaman Scoot yang lebih baik dengan ScootPlus di pesawat Boeing 787 Dreamliner. Kursi ScootPlus seluruhnya dilapisi dengan kulit, memiliki ruang kaki yang lebih luas, dan sandaran kepala yang dapat disesuaikan sepenuhnya. Pelanggan yang memesan kursi Scootplus mendapatkan jatah bagasi check-in 30 kg dan bagasi kabin 15 kg, pilihan makanan dan minuman, Wi-Fi 30MB, dan akses pengisi daya listrik di kursi pesawat. Mereka juga mendapatkan prioritas check-in dan boarding.

Baik konsumen yang melakukan perjalanan untuk bisnis maupun liburan dan memesan kursi Scootplus atau yang lainnya, kami berkomitmen untuk memastikan bahwa harga kami tetap terjangkau. Fokus kami adalah untuk terus membuat perjalanan menjadi mudah diakses, lancar, dan nyaman bagi para pelanggan.

Milenial sangat tertarik dengan penerbangan bertarif rendah. Bagaimana Scoot memanfaatkan segmen ini?

Generasi milenial, termasuk mereka yang berada di Indonesia, mencari nilai. Namun hal ini tidak berarti bahwa kebiasaan belanja mereka hanya bergantung pada harga atau bahwa mereka memilih opsi harga yang paling murah. Sebaliknya, kami berpendapat bahwa generasi milenial tidaklah berbeda dengan segmen lain dalam melakukan penilaian tentang apa, bagaimana, di mana, dan kapan mereka membelanjakan uang mereka untuk memaksimalkan apa yang mereka miliki.

Kami berpendapat bahwa generasi milenial merupakan pembeli yang cerdas dan melek digital - sebagian besar dari mereka tahu bagaimana cara memeriksa semua opsi penerbangan yang tersedia dan memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan perjalanan mereka. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk terus berinteraksi dengan mereka dan membuat platform pemesanan kami, seperti situs web, aplikasi mobile, dan call center, semudah mungkin untuk memenuhi kebutuhan pencarian dan pemesanan mereka. Scoot akan terus berinvestasi dalam peningkatan digital untuk menciptakan pengalaman yang lebih lancar dan lebih mudah bagi pelanggan dan memastikan bahwa hal tersebut efisien untuk model bisnis kami.

Selain itu, sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah, model bayar tiket-sesuai-kebutuhan kami memberdayakan pelanggan untuk mengkurasi pengalaman penerbangan mereka dan membeli tambahan yang mereka butuhkan untuk penerbangan mereka, termasuk ruang kaki ekstra, bagasi terdaftar, Wi-Fi di dalam pesawat, makanan, dan banyak lagi. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan perjalanan milenial dengan anggaran yang lebih terbatas karena mereka dapat menyesuaikan pengeluaran mereka.

Apa kelebihan Scoot dibanding maskapai sejenis?

Di Scoot, kami berusaha untuk mendefinisikan ulang pengalaman penerbangan bertarif rendah dengan menyediakan layanan berkualitas, produk yang unik, dan pengalaman kontemporer bagi pelanggan kami. Kami memiliki jaringan penerbangan yang luas yang menjangkau Asia Tenggara dan kawasan Asia-Pasifik hingga destinasi jarak jauh di Timur Tengah dan Eropa, melalui Changi, bandara terbaik di dunia.

Sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah yang merupakan anak perusahan dari Singapore Airlines (SIA), pelanggan kami dapat menikmati perjalanan yang lebih bermanfaat dengan program loyalitas kelas dunia kami, KrisFlyer. Anggota KrisFlyer dapat memperoleh KrisFlyer miles dan Elite miles untuk penerbangan Scoot dan Singapore Airlines, di samping berbagai manfaat gaya hidup lainnya.



Selain pengalaman penerbangan bertema yang kami hadirkan melalui kerja sama dengan The Pokémon Company, kami juga menawarkan kelas kabin yang unik seperti Scoot-in-Silence, yaitu zona kabin bebas anak dengan semua kursi yang dilengkapi sandaran kepala empat arah, serta ScootPlus, pilihan bagi mereka yang menginginkan kenyamanan dan ruang kaki yang lebih lega, dengan harga yang terjangkau. Selain itu, kami mengizinkan dua buah bagasi kabin dengan berat gabungan 10kg di kelas ekonomi pada semua penerbangan kami, lebih berat 3kg dari jatah standar pada maskapai penerbangan bertarif rendah.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)