Berniat Bikin UMKM Naik Kelas, Chiko Membangun Startup Bisatumbuh

Kamis, 04 Mei 2023 - 12:56 WIB
loading...
Berniat Bikin UMKM Naik Kelas, Chiko Membangun Startup Bisatumbuh
Mempunyai keinginan agar nantinya bisa memberdayakan UMKM di Indonesia, Chiko Maradona atau yang akrab dipanggil Chiko memimpin startup bisatumbuh. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Mempunyai keinginan agar nantinya bisa memberdayakan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia, Chiko Maradona atau yang akrab dipanggil Chiko memimpin startup bisatumbuh. Menurutnya, arti sukses memiliki makna yang mendalam, bukan hanya untuk kebahagiaan diri sendiri, tetapi memberikan dampak positif bagi sekitar.

“Ingin fokus memajukan perusahaan bisatumbuh agar bisa membantu UMKM Indonesia. Sukses itu dapat membuat keluarga, saudara, orang sekitar bahagia dan rekan-rekan UMKM bisatumbuh usahanya bertumbuh,” ungkap pria kelahiran Jakarta dan masuk dalam generasi millenial.



Maka itu, Chiko telah mempersiapkan sistem dan team yang handal demi mendukung UMKM di Indonesia. Selain sistem, edukasi yang bisatumbuh berikan adalah menjelaskan pengetahuan tentang P&L (Profit and Loss) yang matang operasional yang kuat, sistem dan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang harus di ikuti.

Berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat, Pria berusia 36 tahun ini ternyata mempunyai beberapa kegemaran disela kesibukan aktivitasnya, antara lain baca, basket dan fitnes. Diketahui Chiko meraih gelar pendidikan Sarjana Fakultas Hukum, Universitas Jayabaya pada tahun 2004 - 2008.



Sementara itu pada tahun 2022 ia kembali melanjutkan pendidikan gelar magisternya dengan mengambil Jurusan Executive Master Management fokus di Strategic Management di Universitas Bina Nusantara (Binus).

Segudang pengalaman dimiliki Chiko, mulai dari menjadi Call Center Agent, hingga kemudian memutuskan pindah ke perusahaan retail sebagai Head of Digital.

Adapun perusahaan yang pernah dirinya singgahi selanjutnya perusahaan fmcg di Wings Group Indonesia (Sayap Mas Utama) pada 2020, Reckitt (2020 - 2022), Tokopedia (April 2022 - Desember 2022) hingga akhirnya mendirikan bisatumbuh pada awal tahun 2023.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0955 seconds (0.1#10.140)