Hantu Stagflasi Bayangi Pergerakan Bursa Saham AS Pekan Depan

Minggu, 07 Mei 2023 - 12:23 WIB
loading...
Hantu Stagflasi Bayangi Pergerakan Bursa Saham AS Pekan Depan
Optimisme pelaku pasar modal Amerika Serikat akan diuji pada pekan depan. Pasalnya, serangkaian data makro baru-baru ini memberi sinyal hadirnya hantu stagflasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Optimisme pelaku pasar modal Amerika Serikat akan diuji pada pekan depan. Pasalnya, serangkaian data makro baru-baru ini memberi sinyal hadirnya hantu stagflasi yang dapat membayangi pergerakan Wall Street .



Stagflasi, sebuah kondisi stagnasi pertumbuhan ekonomi yang dibarengi peningkatan inflasi berpotensi meredupkan daya tarik pasar terhadap instrumen ekuitas berupa saham dan obligasi.



Sebuah survei dari BoFA Global Research menunjukkan ekspektasi stagflasi mendekati level tertinggi dalam sejarah mencapai 86%, yang juga disebut baka menjadi 'background' ekonomi makro hingga 2024.

"Stagflasi masih menjadi kekhawatiran yang berkembang (di pasar),"'kata Chief Equity Market Strategist, Phil Orlando, dilansir Reuters, Minggu (7/5).

Sebagaimana diketahui, stagflasi terbentuk dari pertumbuhan ekonomi yang lambat ditambah lonjakan inflasi. Kondisi yang terjadi sejak tahun lalu ini mendorong bank sentral AS/Federal Reserve alias The Fed memperketat kebijakan moneternya. The Fed telah menaikkan suku bunga 25 bps menjadi 5%-5,25% pada Kamis (4/5).

Sementara itu rilis data ketenagakerjaan AS pada Jumat (5/5) menunjukkan kenaikan upah per jam pada periode April sebesar 4,4% year-on-year (YoY). Angka ini masih cukup panas jika disandingkan dengan target inflasi The Fed di kisaran 2 persenan.

Investor Tunggu Rilis Inflasi

Sebelumnya, kekhawatiran terhadap stagflasi telah membebani instrumen saham. Berdasarkan catatan Goldman Sachs, rata-rata konstituen dalam indeks S&P500 turun 2,1% selama periode yang ditandai adanya stagflasi dalam kurun 60 tahun terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)