Kuliner dan Fesyen Kota Tangerang Terpilih KaTa Kreatif, Sandiaga Optimistis Buka Lapangan Kerja

Minggu, 07 Mei 2023 - 20:48 WIB
loading...
Kuliner dan Fesyen Kota Tangerang Terpilih KaTa Kreatif, Sandiaga Optimistis Buka Lapangan Kerja
Kehadiran program KaTa Kreatif diyakini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mampu menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja. Foto/Dok
A A A
TANGERANG - Kuliner dan fesyen jadi unggulan, Kota Tangerang terpilih dalam program Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/ Kota Kreatif Indonesia (KaTa Kreatif Indonesia). Kehadiran program KaTa Kreatif diyakini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mampu menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja .

Optimisme tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika menghadirkan Workshop KaTa Kreatif Indonesia di Gedung Kembar Venue, Kota Tangerang, Banten pada Minggu (7/5/2023).



Dalam kesempatan itu, dirinya menjelaskan, KaTa Kreatif merupakan program penguatan ekosistem UMKM, baik pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. Kehadirannya pun diungkapkan Sandiaga Uno mendapat sambutan yang sangat baik dari para pelaku UMKM Kota Tangerang.

"Produk-produknya memiliki kualitas dan saya sangat meyakini bahwa ini adalah sebuah potensi yang harus kita kembangkan dalam menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja 4,4 juta baru di 2024," ungkap Sandiaga Uno.



"Selain itu, ini adalah bentuk kegiatan pemerintah yang membantu masyarakat yang sangat membutuhkan, mulai dari pemasaran, pelatihan sampai kepada pembiayaan. Ini harapan kita, dengan kehadiran program Kata Kreatif di Kota Tangerang hari ini," jelasnya.

Bersamaan dengan workshop KaTa Kreatif tersebut, dirinya berharap agar Kota Tangerang dapat segera memasuki uji petik. Sehingga, dua sub sektor ekonomi kreatif unggulan, yakni kuliner dan fesyen dapat semakin berkembang.

"Kita mendorong Kota Tangerang segera memasuki proses uji petik, agar dua sub sektor (ekonomi kreatif) unggulan di sini, yaitu kuliner dan fesyen bisa semakin berkembang ke depan," ungkapnya.

Selain itu, dirinya berharap sejumlah kendala yang dihadapi para pelaku ekonomi kreatif mampu tersolusikan lewat kehadiran KaTa Kreatif ini. Sejumlah kendala tersebut antara lain, pemasaran, sertifikasi, perizinan hingga permodalan.

"Ini akan kita fasilitasi, karena sudah ada peran pemerintah dalam mendampingi para pelaku UMKM. Jadi kendala-kendala ini juga bersama dengan Gekraf (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) Pemerintah Kota Tangerang dan pemerintah pusat kita akan fasilitasi, termasuk juga pembiayaannya," ungkap Sandiaga Uno.

"Total tahun ini ada 35, Kota Tangerang ini yang ke enam, kami sangat semangat, dalam beberapa bulan ke depan kita akan road show ke Kabupaten-Kota lainnya," tutupnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)