Ada Program Tilik Belik dan Jelajah Wisata, Ganjar Datangi SD di Magelang

Senin, 08 Mei 2023 - 12:30 WIB
loading...
Ada Program Tilik Belik dan Jelajah Wisata, Ganjar Datangi SD di Magelang
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo antusias mendatangi SD Kanisius Kenalan Magelang karena ada program menarik, yakni tilik belik. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo antusias mendatangi SD Kanisius Kenalan Magelang karena ada program menarik, yakni tilik belik. Tilik belik mengajarkan pentingnya memelihara mata air untuk sumber energi.

Selain tilik belik, sekolah tersebut juga mengajarkan program sobowono (jelajah alam), mider kutha (jelajah wisata) dan remen peken (suka pasar).

"Mereka memperkenalkan sekolahnya bahwa kegiatannya menarik. Ada acara tilik belik atau menengok sumber mata air. Jaadi anak-anak sudah diajarkan sejak kecil mau mengerti kondisi lingkungan, khususnya mata air sebagai sumber kehidupan," ucap Ganjar.



Ganjar menyebutkan bahwa program-program yang dibuat tersebut sangat bagus untuk diperkenalkan kepada para siswa sejak dini. Ganjar pun mendorong pihak sekolah untuk melanjutkan dan memantapkan program tersebut.

Dia mengatakan sekolah dasar yang dibangun sejak tahun 1930 silam itu telah menerapkan banyak ajaran dan nilai kebangsaan kepada para siswa. Contohnya, nilai kepribadian dalam kebudayaan seperti yang diajarkan Bapak Proklamator Indonesia, Bung Karno.

"Kalau Bung Karno bilang kepribadian dalam kebudayaan. Jadi kita punya kebudayaan yang unggul, bagaimana manusia saling menghormati antar sesama, menghormati yang lebih tua dan itu dikenalkan sejak dini," ucap Ganjar.

Sementara itu, Maria Gita, salah satu siswa SD Kanisius Kenalan kelas 6 yang menulis surat ke Ganjar mengungkapkan kebahagiannya lantaran suratnya dibaca langsung oleh Ganjar. Gita mengaku mengidolakan sosok Ganjar yang gemar menyapa anak-anak dan dekat dengan seluruh kalangan masyarakat.



Dia pun tak menyangka orang nomor satu di Jawa Tengah itu datang langsung ke sekolahannya dan menemui Republik Anak Kenalan. Pada kesempatan itu, Gita juga dihadiahi satu buah handphone dari Ganjar yang nantinya akan digunakan untuk keperluan pembelajaran.

"Senang sekali, tidak menyangka kalau Pak Gubernur bisa ke sini langsung. Senang juga, nanti bakal digunain buat belajar," jelas Gita
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)