Menko Luhut: Hilirisasi Jadi Kunci Mencapai Visi Negara Maju 2045

Selasa, 09 Mei 2023 - 20:28 WIB
loading...
Menko Luhut: Hilirisasi Jadi Kunci Mencapai Visi Negara Maju 2045
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan melalui hilirisasi Indonesia memiliki peluang besar memainkan peran strategis di pasar global. Terlebih dengan meningkatnya permintaan pasar global terhadap komoditas mineral dan produk turunannya.

"Kebijakan hilirisasi akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan Indonesai sehingga akan membuat Indonesia lebih berperan dalam dunia global pada 2045 untuk mencapai visi Indonesia negara maju," tutur Luhut dalam acara Seminar Hilirisasi dan Transisi Energi Menuju Indonesia Emas di Westin Hotel, Jakarta, Selasa (9/5/2023).



Luhut mengatakan transformasi ekonomi yang mempertimbangkan kebijakan hilirisasi menjadi faktor penentu perekonomian Indonesia. Beragam manfaat hilirisasi salah satunya meningkatkan devisa negara.

"Hilirisasi akan meningkatkan nilai tambah dari bahan mentah yang selama ini di ekspor berupa raw material dengan nilai yang sangat rendah. Dengan adanya hilirisasi maka akan meningkatkan nilai tambah 5-10 kali," kata dia.

Tidak hanya itu, hiliriasi juga akan meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Di sisi lain juga transfer teknologi, lapangan kerja dan sumber daya manusia (SDM).



Tak berhenti di situ, transisi energi akan berdampak kepada lingkugan hidup secara menyeluruh dengan mengurangi peran energi fosil terutama batu bara menjadi energi besih berupa Energi Terbarukan yang berasal dari tenaga surya, air, angin hingga biomassa. Melalui hilirisasi dapat untuk memproduksi baterai lithium untuk kendaraan listrik.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)