Sandiaga: KTT ke-42 ASEAN Perkuat Labuan Bajo Jadi Destinasi MICE Kelas Dunia

Kamis, 11 Mei 2023 - 18:11 WIB
loading...
Sandiaga: KTT ke-42 ASEAN Perkuat Labuan Bajo Jadi Destinasi MICE Kelas Dunia
Sandiaga Uno mengatakan, penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN 2023 memperkuat kesiapan Labuan Bajo sebagai destinasi MICE. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN 2023 memperkuat kesiapan Labuan Bajo tidak hanya sebagai destinasi untuk leisure tapi juga destinasi MICE (meeting, incentive, conference, exhibition) kelas dunia.



"Labuan Bajo siap menyelenggarakan event-event kelas dunia seperti KTT ASEAN. Kami akan ikut bidding ke depan untuk menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi MICE kelas dunia,” kata Sandiaga Uno usai jumpa pers di Media Center KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

Kemenparekraf/Baparekraf akan memastikan event-event kelas nasional dan internasional akan dibawa ke Labuan Bajo. Tidak hanya terbagi di musim sibuk, tetapi juga di musim yang diprediksi jumlah wisatawannya menurun.

“Oleh karena itu, kita akan pastikan event-event sepanjang tahun sebagai upaya kita di 2024 untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru tercapai,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, Labuan Bajo merupakan destinasi yang unik sekaligus spesial. Karena itu Labuan Bajo masuk sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

“Di sini akomodasinya tidak hanya di darat yaitu hotel-hotel dan resort tapi juga ada homestay ada sarhunta (sarana hunian pariwisata), ada desa wisata, dan juga ada Live on Board (LOB) yang menjadi bagian dari atraksi dan juga penyediaan dari atraksi. Ini yang perlu kita sosialisasikan dan edukasikan kepada wisatawan bahwa mereka memiliki opsi untuk akomodasi,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga melihat tren positif sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan sesuai konferensi internasional negara-negara di Asia Tenggara itu. Kunjungan wisatawan yang meningkat dan potensi peningkatan ini akan membantu untuk mencapai target jumlah kunjungan wisman sebanyak 8,5 juta wisatawan di tahun 2023.

“Labuan Bajo total kunjungan wisatawannya sebesar 300-350 ribu wisman, mungkin akan naik 10-20 persen lantaran gelaran KTT ke-42 ASEAN 2023,” katanya.



Hadir Mendampingi Menparekraf Sandiaga dalam kesempatan tersebut Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Martini Mohamad Paham, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu, Kepala Biro Komunikasi Kemenprekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, serta Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf Dessy Ruhati.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2008 seconds (0.1#10.140)