Ini 8 Pemimpin Negara yang Menghadiri KTT ASEAN 2023, Nomor Terakhir Punya Kekayaan Rp406 Triliun

Kamis, 11 Mei 2023 - 19:31 WIB
loading...
Ini 8 Pemimpin Negara yang Menghadiri KTT ASEAN 2023, Nomor Terakhir Punya Kekayaan Rp406 Triliun
KTT ASEAN 2023 dihadiri sejumlah pemimpin negara anggota. Foto/BiroSetpres
A A A
JAKARTA - KTT ASEAN 2023 yang dilangsungkan di Labuan Bajo , Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada 10 hingga 11 Mei 2023 dihadiri sejumlah pemimpin negara kawasan. Ada tujuh pemimpin negara yang menghadiri pertemuan puncak ASEAN itu yang tiba di Labuan Bajo, sedangkan satu pemimpin lagi memilih Bali sebagai tempat kedatangan.



Mengingat anggota ASEAN ada 11 negara, termasuk Timor Leste yang diakui secara prinsip pada KTT di Phnom Phen 2022, maka ada dua pemimpin negara ASEAN yang tak bisa menghadiri KTT. Pemimpin dua negara yang tak hadir adalah Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-Cha dan Presiden Myanmar Win Myint.

"Thailand menyatakan tidak dapat hadir karena akan pemilu, tanggal 14 Mei Thailand akan melakukan pemilihan umum oleh karena itu yang hadir bukan perdana menterinya tetapi deputi perdana menteri. Sementara dari Myanmar, sesuai dengan keputusan leaders ASEAN sebelumnya maka Myanmar yang diundang adalah dari non-political level bukan dari leader mereka," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Selasa (9/5/2023).

Berikut delapan pemimpin negara yang menghadiri KKT ASEAN ke-42

1. Perdana Menteri Kamboja Hun Sen
Hun Sen tiba sekitar pukul 13.00 WITA di Bandara Internasional Komodo. Hun Sen didampingi Ibu Negara Rany Hun Sen. Orang nomor 1 di Kamboja ini disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Hun Sen adalah politisi Kamboja dan mantan komandan militer yang menjabat sebagai perdana menteri Kamboja sejak 1985. Pria berusia 70 tahun itu adalah kepala pemerintahan terlama di Kamboja, dan salah satu pemimpin terlama di dunia.

2. Perdana Menteri Timor-Leste Taur Matan Ruak
Tau Matan Ruak tiba sekitar pukul 13.45 WITA dan disambut oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Pria bernama asli Jose Maria de Vasconcelhos ini adalah mantan tokoh militer dan politikus Timor Leste yang menjabat perdana menteri sejak Juni 2018. Taur Matan juga pernah menjabat sebagai Presiden Timor Leste sejak tahun 2012 hingga 2017. Ia merupakan mantan gerilyawan FALINTIL yang menjabat sebagai Panglima Pasukan Pertahanan Timor Leste pertama.

Taur Matan Ruak adalah nama yang menggunakan bahasa Indonesia. Sebelum melepaskan diri dengan Indonesia pada 2002, Timor Leste merupakan provinsi ke-27 Indonesia dengan nama Timor Timur, alias Timtim.

3. Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh
Pham Minh Chinh mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 14.20 WITA yang disambut oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Phạm Minh Chính adalah seorang politikus Vietnam dan jenderal keamanan publik yang menjabat sebagai perdana menteri pada Agustus 2021. Pham juga merupakan seorang doktor di bidang hukum.

Karier Phạm Minh Chính dimulai saat menjadi petugas intelijen di Departemen Intelijen Kementerian Keamanan Publik. Ia menjabat sebagai perwira intelijen di Departemen Eropa dan Amerika.

Phạm Minh Chính lahir pada 10 Desember 1958, di komune Hoa Loc, distrik Hau Loc , Provinsi Thanh Hoa , Vietnam Utara, dari seorang ayah yang merupakan kader dan PNS. Ibunya adalah seorang petani. Phạm Minh Chính diterima di Partai Komunis Vietnam pada tanggal 25 Desember 1986, dan menjadi anggota resmi pada tanggal 25 Desember 1987.

4. Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim
Anwar Ibrahim bersama istrinya, Wan Azizah Wan Ismail, mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 15.45 WITA. Anwar Ibrahim disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pria bernama lengkap Dato Seri Haji Anwar bin Ibrahim ini menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia sejak November 2022. Jabatan itu merupakan penantian panjang setelah Anwar berada di blok oposisi selama bertahun-tahun sejak ia diberhentikan dari UMNO oleh Mahathir Mohamad pada 1998.

Pria kelahiran Cherok To'Kun, Bukit Mertajam, Penang, Malaysia, 10 Agustus 1947, ini mengawali karier politiknya pada akhir tahun 60-an dengan memimpin gerakan mahasiswa di Universitas Malaya.

Pada 2 September 1998 Anwar dipecat dari pemerintahan dan partai (UMNO) karena dinilai terlalu tidak sabar untuk menjadi perdana menteri dan berselisih dengan Mahatir Muhammad. Puncak perselisihan dengan Mahatir adalah ketika Anwar dijebloskan ke dalam penjara pada 1999 atas dakwaan korupsi dan sodomi, sebuah tuduhan yang dianggap meragukan. Pada tahun 2004, Anwar dibebaskan usai Pengadilan Tinggi memutuskan bahwa bukti yang digunakan untuk menghukumnya tidak cukup kuat.

5. Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone
Sonexay Siphandone mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 16.18 WITA. Sama seperti PM Anwar Ibrahim, PM Sonexay Siphandone yang tiba bersama istrinya, Vandala Siphandone, juga disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sonexay Siphandone lahir 26 Januari 1966) adalah seorang politikus Laos dan anggota Partai Revolusi Rakyat Laos (LPRP). Ia adalah putra dari mantan Ketua LPRP Khamtai Siphandon. Pada 30 Desember 2022, parlemen menyetujui Sonexay Siphandone sebagai perdana menteri.
Sonexay lahir pada tahun 1966. Ia terpilih menjadi anggota Komite Pusat LPRP pada Kongres Nasional ke-8 pada tahun 2006, dan Politbiro LPRP pada Kongres Nasional ke-10 pada tahun 2016. Ia adalah Wakil Perdana Menteri dari tahun 2016 hingga 2022.

6. Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos Jr.

Ferdinand R. Marcos Jr. bersama Louise Araneta-Marcos mendarat di Bandara Komodo sekitar pukul 16.53 WITA. Keduanya disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pria yang mendapat julukan "Bongbong" ini lahir pada 13 September 1957. Karena julukannya itu dia lebih dikenal sebagai Bongbong Marcos. Dia menjadi Presiden Filipina pada Juni 2022. Menariknya, Bongbong Marcos merupakan putra dari mantan Presiden Ferdinand E. Marcos yang digulingkan pada tahun 1986, setelah 21 tahun berkuasa.

Kembalinya trah Marcos ini ke puncak kekuasaan Filipina dimulai pada 1981 saat dia menjadi sebagai Wakil Gubernur provinsi Ilocos Norte. Saat itu usianya masih sangat muda, 23 tahun. Dua tahun kemudian, ia menempati kursi eksekutif nomor satu di provinsi yang sama hingga tahun 1986. Kekuasaannya berlanjut hingga tiga periode, 1998-2007.

7. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong

Lee Hsien Loong tiba sekitar pukul 18.00 WITA di Labuan Bajo. PM Lee yang datang bersama istrinya, Ho Ching, disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.
Lee Hsien Loong yang lahir 10 Februari 1952 adalah Perdana Menteri Singapura ketiga yang menjabat sejak 12 Agustus 2004. Dia merupakan pemimpin tertinggi dari Partai Tindakan Rakyat dan mantan perwira Angkatan Bersenjata Singapura.

Lee juga merupakan anak sulung dari pendiri Singapura sekaligus mantan Perdana Menteri Lee Kuan Yew. Lee telah berkiprah di pemerintahan sejak ayahnya berkuasa. Jabatan pertamanya adalah Menteri Perdagangan dan Industri pada 1987 hingga puncaknya menjadi Wakil Perdana Menteri.

Setelah itu ia menggantikan posisi Goh Chok Tong sebagai Perdana Menteri. Dua tahun pertama pemerintahannya, ia merilis kebijakan kerja lima hari dalam seminggu dan memperpanjang cuti kehamilan.

8. Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah

Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah adalah satu-satunya pemimin negara ASEAN yang menghadiri KTT tapi mendaratnya di Bali. Dia bersama delegasinya menginap di Nusa Dua, Bali, demi menghadiri KTT ASEAN ke-42. Jadi selama berlangsungnya KTT dia bolak-balik dari Bali ke Labuan Bajo.



Hassanal Bolkiah ibni Omar Ali Saifuddien III adalah nama lengkap sang sultan. Pria berusia 76 tahun ini merupakan sultan Brunei ke-29 yang juga menjabat sebagai perdana menteri sejak 1984, usai merdeka dari Inggris.

Hassanal Bolkiah merupakan salah satu raja terkaya di dunia. Berdasarkan laporan CEOWORLD magazine pada 2019, kekayaannya mencapai USD28 miliar atau setara Rp406 triliun.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)