3 Pilar Utama dalam Memperbesar Bisnis Keluarga, Mitos atau Fakta?

Jum'at, 12 Mei 2023 - 16:39 WIB
loading...
3 Pilar Utama dalam Memperbesar Bisnis Keluarga, Mitos atau Fakta?
Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara, Hadi Cahyadi mengatakan, ada beberapa ketakutan dalam menjalankan perusahaan keluarga yakni mitos 30,13,3. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara, Hadi Cahyadi mengatakan, family business mempunyai peran besar dalam perekonomian nasional . Ia juga menerangkan, ada beberapa ketakutan dalam menjalankan perusahaan keluarga .

"Berdasarkan riset saya, family business berperan dalam pengentasan kemiskinan, menyediakan lapangan kerja, serta juga menurunkan tensi politik ataupun sosial," ujarnya kepada MPI dalam seminar bertajuk "The Importance of Harmony and Professionalism in Family Business", Jumat (12/5/2023).



Dia melanjutkan bahwa sebelum seminar ini digelar, pihaknya telah menyelesaikan penelitian mengenai ketakutan yang dimiliki oleh bisnis keluarga yakni mitos 30,13,3.

"Pada mitos ini dijelaskan hanya 30% yang melanjutkan bisnis di generasi kedua, kemudian 13% melanjutkan di generasi ketiga dan 3% beyond that," ujarnya.



Namun berdasarkan riset, menurutnya para pemilik bisnis keluarga tengah mengatasi ketakutan tersebut dengan tiga pilar utama yakni parenting, harmonization, dan collaboration.

"Jadi melalui seminar ini kita juga akan membuktikan apakah 3 pilar utama tersebut benar dan bagaimana penerapannya dari masing-masing narasumber yang berasal dari large family business," terangnya.

Selain itu, bertepatan dengan seminar ini, Family Business Excelent Riset Center juga diresmikan. Menurutnya dengan adanya Fabex RC ini, pihaknya akan melakukan banyak sekali riset untuk kepentingan family business agar bisnis yang dimiliki semakin besar dan semakin lama waktu bertahan.

"Semoga kita turut bisa memberi sumbangsih kepada masyarakat nusa dan bangsa," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)