Diserbu 41 Ribu Investor, IPO SMIL Oversubscribed

Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:37 WIB
loading...
Diserbu 41 Ribu Investor, IPO SMIL Oversubscribed
IPO SMIL sangat diminati investor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Sarana Mitra Luas Tbk, salah satu perusahaan persewaan forklift dan peralatan material handling terkemuka di Indonesia (SMIL), mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada hari ini, Jumat, 12 Mei 2023, dan menjadi emiten tercatat ke-40 di tahun 2023.



SMIL telah sukses menyelesaikan rangkaian penawaran umum perdana saham ( IPO ) yang berlangsung sejak tanggal 8-10 Mei 2023. Sarana Mitra Luas menawarkan sebanyak 1,75 miliar saham dengan harga Rp100 per saham. Tingginya animo investor terhadap saham SMIL dapat terlihat sejak bookbuilding hingga offering SMIL yang mencatatkan kelebihan pemesanan atau oversubscribed hingga 22x dari total saham ditawarkan atau lebih dari 140x dari porsi minimum pooling awal yang disyaratkan, yakni 15%.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan yang luar biasa dari investor yang memperlihatkan antusiasme yang tinggi terhadap IPO kami. Kesuksesan IPO ini menjadi tonggak penting bagi perusahaan kami, dan kami berterima kasih kepada seluruh tim dan para pemangku kepentingan yang telah berkontribusi untuk mencapai pencapaian ini,” ungkap Hadi Suhermin, Direktur Utama PT Sarana Mitra Luas Tbk.

Menurut Hadi, kesuksesan IPO SMIL yang oversubscribed menunjukkan tingginya kepercayaan investor terhadap visi dan rencana strategis perusahaan. Dengan modal yang diperoleh dari IPO, SMIL akan fokus pada pengembangan produk inovatif dan penguatan posisi di pasar yang semakin kompetitif.

“Suksesnya IPO SMIL yang ditunjukkan dengan posisi oversubscribed hingga 142x dari minimum pooling awal yang disyaratkan, yakni 15%, atau 22x oversubscribed dari total saham ditawarkan dan diikuti oleh lebih dari 41 ribu investor menunjukkan kepercayaan investor yang tinggi terhadap perusahaan. Kami yakin bahwa dengan modal profesionalitas, makin terbukanya dukungan dan akses keuangan yang lebih luas di pasar modal, perusahaan akan dapat terus tumbuh dan berkembang di masa depan,” ucap Hary Herdiyanto, Investment Banking Director PT MNC Sekuritas.



Hary menambahkan, kesuksesan IPO PT Sarana Mitra Luas Tbk sebagai perusahaan rental forklift terkemuka di Indonesia dinilai sebagai bentuk apresiasi investor terhadap hasil kerja keras dan strategi bisnis perseroan yang dianggap tepat serta struktur penawaran yang menarik, yang ditawarkan pada kisaran valuasi yang wajar. Selain itu, dukungan dari para penjamin pelaksana emisi efek berkualitas, salah satunya adalah PT MNC Sekuritas juga diyakini menjadi salah satu faktor kunci suksesnya penawaran umum SMIL ini.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)