Pasar Modal di Dalam Negeri Kian Diminati Anak Muda

Jum'at, 12 Mei 2023 - 18:28 WIB
loading...
Pasar Modal di Dalam Negeri Kian Diminati Anak Muda
Generasi muda kian tertarik dengan pasar modal. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSP-PM) mencatat dunia pasar modal saat ini banyak diminati generasi muda . Pasalnya, pasar modal di dalam negeri terus bertumbuh.



Direktur Utama LSP-PM Haryajid Ramelan menyebut industri pasar modal di Indonesia memerlukan tenaga kerja profesional dan kompeten yang dapat dibuktikan dan diakui melalui sertifikasi profesi bidang pasar modal. Menurutnya, langkah pendewasaan dunia pasar modal tidak bisa dilepas dari meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di pasar modal, baik SDM sebagai praktisi maupun sebagai investor.

Nantinya, para tenaga kerja profesional ini dapat mengisi berbagai profesi di pasar modal dan industri keuangan. "Yang dibutuhkan maupun profesi baru yang diperkirakan akan terus tumbuh dan membutuhkan sumber daya yang kompeten," ujar Haryajid melalui keterangan pers, Jumat (12/5/2023).

Kehadiran LSP-PM, lanjut Haryajid, setidaknya ikut berkontribusi dan mendorong lahirnya SDM pasar modal yang lebih profesional, seperti profesi marketing/sales, analis efek, analis teknikal analis, manajemen risiko, investment banking, dan investor individual. Bahkan saat ini pun tidak sedikit profesi seperti influencer atau content creator di bidang edukasi juga mulai banyak mengikuti pelatihan dan uji kompetensi profesi di bidang pasar modal.

Dia mengatakan, LSP PM sejak berdirinya telah ikut berkontribusi memajukan pasar modal melalui edukasi dan peningkatan skill untuk profesi pasar modal.

“Kami telah berhasil memberikan sertifikat kompetensi dari BNSP sebanyak 14.000 lebih profesional pasar modal dan keuangan. Para pemegang sertifikasi dari LSP pasar modal ini telah tersebar di berbagai negeri dan telah berkiprah di sektor industri pasar modal, perusahaan BUMN, perusahaan tbk maupun lembaga keuangan yang lainnya" ucap dia.

Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal adalah lembaga pelaksana kegiatan sertifikasi kompetensi kerja di bidang pasar modal yang didirikan oleh asosiasi profesi di industri pasar modal dan telah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Selama ini LSP Pasar Modal dukung oleh asosiasi industri, asosiasi profesi, serta civitas akademika yang kredibel di Indonesia. LSP Pasar Modal kembali menyelenggarakan wisuda 2020 - 2023 dengan meluluskan sebanyak 9.500 yang kompeten.



Hadir dalam dalam kesempatan wisuda itu, 150 wisudawan/wati profesional di bidang skema analis efek, teknikal analis, manajemen risiko, investment banking, equity sales, dan asesor kompetensi profesional. ‎
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)