Indonesia dan Mesir Terus Perkuat Imbal Dagang

Selasa, 16 Mei 2023 - 19:31 WIB
loading...
Indonesia dan Mesir Terus Perkuat Imbal Dagang
PPI dan dua perusahaan di mesir kerja sama imbal dagang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia ( PPI ), member of ID Food, berpartisipasi dalam rangkaian misi dagang ke Mesir bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada 14-16 Mei 2023. Diwakili oleh Direktur Operasi Tri Wahyundo Hariyatno, PPI mengikuti Forum Bisnis Indonesia-Mesir yang berlangsung di Kairo yang dipimpin langsung oleh Mendag.



Pada kesempatan yang sama juga dilakukan kegiatan business matching antara pelaku usaha Indonesia dengan importir dari Mesir. PPI melakukan penandatanganan kerja sama imbal dagang dengan dua perusahaan sebagai badan pelaksana imbal dagang Mesir.

Kontrak yang ditandatangi di Mesir itu menghasilkan transaksi dengan skema imbal dagang senilai USD105.000, dengan produk yang dipertukarkan, yaitu kopi dari Indonesia dengan anggur dan/atau delima dari Mesir. Selain penandatanganan kontrak, PPI juga melakukan penjajakan kerja sama dengan sejumlah perusahaan lain di Mesir untuk memperluas pasar di Negeri Piramida itu.

Transaksi imbal dagang business-to-business merupakan salah satu program prioritas Kemendag untuk pemulihan ekonomi nasional dan percepatan peningkatan ekspor yang telah didorong sejak tahun 2020.

Mendag menyatakan bahwa Indonesia dan Mesir memiliki banyak peluang untuk meningkatkan dan mempererat hubungan perdagangan melalui kerja sama dan kolaborasi, terutama di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata. Mesir merupakan negara pertama di Jazirah Arab yang mengakui kedaulatan Indonesia dan selama tujuh dekade dan menjadi salah satu mitra penting dalam hubungan dagang Indonesia.

Direktur Operasi PPI Tri Wahyundo Hariyatno juga menyebutkan PPI akan terus meningkatkan usaha untuk mendorong kinerja ekspor. “Kami sangat mengapresiasi komitmen Menteri Perdagangan yang konsisten meningkatkan sektor perdagangan dan ekspor Indonesia. PPI sendiri terus meningkatkan usaha untuk mendorong kinerja ekspor Indonesia,” ujar Tri, dalam keterangannya, Selasa (16/5/2023).

“PPI sebagai export gateway holding BUMN pangan akan terus memperkenalkan produk yang berpotensi sebagai komoditas ekspor dan mengembangkan sektor hilir melalui perluasan distribusi ke mancanegara,” lanjutnya.

Mesir memang memiliki prospek besar bagi pelaku usaha Indonesia karena merupakan hub perdagangan menuju negara-negara di sekitarnya. Keberadaan jalur perdagangan Terusan Suez juga berperan menjadikan Mesir sebagai gerbang menuju negara-negara lain di kawasan Teluk, Afrika, dan Timur Tengah.

Duta Besar RI Kairo Lutfi Rauf juga menyatakan bahwa Indonesia siap memenuhi kebutuhan pasar Mesir dan KBRI Kairo siap mendukung misi peningkatan kerja sama Indonesia-Mesir, termasuk di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.



Sebagai informasi, beberapa waktu lalu PPI sebagai badan pelaksana imbal dagang telah berhasil melepas eskpor kopi perdana dengan skema imbal dagang ke Mesir dari Subang sebanyak 25 ton senilai USD60.000 yang diimbaldagangkan dengan kurma dari Mesir sebanyak 50 ton senilai USD60.000.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)