Mendag Zulhas Teken Kontrak Dagang dengan Mesir Rp12,88 Triliun

Senin, 15 Mei 2023 - 20:45 WIB
loading...
Mendag Zulhas Teken Kontrak Dagang dengan Mesir Rp12,88 Triliun
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Industri Mesir Ahmed Samir Saleh di Kairo, Mesir, Senin (15/5/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Industri Mesir Ahmed Samir Saleh di Kairo, Mesir , Senin (15/5/2023). Dalam pertemuan itu, Zulhas dan Ahmed Samir Saleh menandatangani Join Trade Commitee (JTC) dan kontrak dagang senilai Rp12,88 triliun.

Mendag Zulhas menuturkan, kesepakatan transaksi bisnis dengan Menteri Perdagangan dan Industri Mesir Ahmed Samir Saleh mencakup sejumlah hal. Di antaranya ialah kesepakatan perdagangan mencakup Apical 300 ribu MT RBD Palm Oil senilai USD330 juta dan Wilmar 480 ribu MT RBD Palm Oil senilai USD528 juta.

"Antara lain kemungkinan dimulainya pembahasan Indonesia-Mesir Preferential Trade Agreement (Indonesia-Mesir PTA)," kata Zulhas, melalui siaran pers, di Jakarta, Senin (15/5/2023).



Ketua umum Partai Amanat Nasional atau PAN ini mengakui JTC dibentuk berdasarkan Pernyataan Bersama (Leaders’ Joint Statement) Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Mesir Abdel Fatah al-Sisi saat kunjungan Presiden Mesir ke Jakarta pada 4 September 2015.

"Forum JTC akan dipimpin oleh pejabat setingkat direktur jenderal, yakni direktur jenderal Perundingan Perdagangan Internasional bagi Indonesia dan First Secretary of Egyptian Commercial Services bagi Mesir," kata dia.

Bentuk kerja sama perdagangan dalam forum JTC ini, Mendag Zulhas melanjutkan, bertujuan untuk promosi serta meningkatkan kerja sama bilateral perdagangan kedua negara. Antara lain melalui identifikasi dan penerapan langkah-langkah peningkatan hubungan perdagangan, penyelesaian masalah atau hambatan perdagangan, serta sebagai media konsultasi dan pertukaran informasi perdagangan.

"Forum JTC ini diproyeksikan menjadi media yang dapat mengakomodasi aspirasi dan masukan dari komunitas pelaku usaha kedua negara," ujarnya.



Dalam pertemuan tersebut, Mendag Zulhas didampingi Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf. Sedangkan, Menteri Perdagangan dan Industri Mesir Ahmed Samir Saleh turut didampingi First Secretary of Egyptian Commercial Services Mesir, Yahya Elwathik Bellah.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2564 seconds (0.1#10.140)