Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Event Sangat Ampuh Jadi Magnet Promosi Pariwisata!

Rabu, 17 Mei 2023 - 19:47 WIB
loading...
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Event Sangat Ampuh Jadi Magnet Promosi Pariwisata!
Wamen Angela Tanoesoedibjo mengatakan kehadiran event di daerah bisa menjadi magnet pariwisata. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo secara resmi membuka rangkaian event “Gelar Melayu Serumpun 2023” di Istana Maimun, Medan, Sumatra Utara, Selasa malam (16/5/2023). Event budaya ini juga termasuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.



Kehadiran event di daerah bisa menjadi magnet pariwisata , terutama dalam mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Wamenparekraf Angela-- yang juga Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Bidang Ekonomi Digital & Kreatif ini--dalam sambutannya mengatakan pada pekan ketiga Mei 2023, baik penginapan, penerbangan, hingga pelaku usaha kuliner di Kota Medan mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut tidak terlepas dari penyelenggaraan Gelar Melayu Serumpun 2023.

Kebudayaan Melayu sebagai etnis asli Kota Medan memang memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Di tahun ketiga (KEN) ini, kami memang mengkurasi event daerah yang potensial menjadi magnet promosi pariwisata. Bentuknya beragam ada yang musik, kuliner, karnaval, festival serta seni dan budaya seperti Gelar Melayu Serumpun,” kata Wamenparekraf Angela-- yangmerupakan anggota Kabinet Indonesia Maju ini.

KEN sendiri merupakan program rebranding Kemenparekraf yang diluncurkan pada 2021 untuk mengangkat beragam potensi events daerah sebagai penggerak ekonomi. Sebelumnya KEN bernama Calender of Events (COE).

Pada 2022, KEN berhasil menyumbang tiga juta pergerakan wisatawan yang melibatkan lebih dari 55 ribu pelaku seni serta 11 ribu pelaku UMKM.

Karenanya Wamenparekraf memerlukan dukungan dan kerja sama yang erat dengan seluruh pemangku kepentingan untuk semakin memperkuat ekosistem event di daerah dan diselaraskan dengan perencanaan pembangunan pariwisata di daerah. Presiden Joko Widodo juga memberikan arahan agar izin event dipermudah.

“Harapan kami tentunya tahun ini KEN bisa mendorong pemerataan kunjungan wisatawan ke seluruh daerah dan mendorong masyarakat untuk berwisata di Indonesia aja,” ujar Wamenparekraf.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)