Open Banking Percepat Transformasi Digital Banking

Rabu, 22 Juli 2020 - 21:52 WIB
loading...
Open Banking Percepat Transformasi Digital Banking
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dampak pandemi Covid-19 mendera banyak bidang dalam perekonomian nasional, dan perilaku masyarakat pun turut berubah. Sejumlah nasabah perbankan konvensional beralih ke layanan digital sebagai respons atas pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dalam hal sistem, kerangka open banking diyakini akan memainkan peran penting dalam mempercepat transformasi digital perbankan. Sebagai bagian dari visi blueprint sistem pembayaran indonesia (BSPI) 2025, Bank Indonesia mendorong peran industri perbankan dalam mengembangkan open banking.

"Pengembangan itu di sistem pembayaran melalui perumusan Standar Open API (Application Programming Interface) dengan keterkaitan antara industri perbankan dan teknologi keuangan (fintech),” kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono saat webinar “Open Banking in Indonesia and Singapore: Collaboration for Innovation and Collaboration” di Jakarta Rabu (22/7/2020).

Menurut Erwin, open banking dapat mendorong kompetisi dan inovasi dalam sektor jasa keuangan Indonesia. Di Singapura, Monetary Authority of Singapore (MAS) adalah lembaga pertama di Asia Tenggara yang merumuskan kebijakan open banking¸ namun sampai saat ini belum mengharuskan industri perbankan untuk berbagi data. ( Baca juga:Soal Restrukrisasi Kredit, Nasabah Diminta Proaktif )

Dampaknya, bank-bank di Singapura didorong untuk secara terbuka mengembangkan dan berbagi sistem API sebelum tenggat perizinan API mereka, menciptakan sumber daya seperti Daftar API Industri Keuangan serta mengembangkan pedoman dalam kemitraan dengan Association of Banks in Singapore (ABS).

Sementara itu, Wakil Ketua Umum AFTECH dan Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata, menuturkan, AFTECH akan terus mendukung Bank Indonesia dalam mewujudkan BSPI2025.

"Kami berharap Open API menjadi jembatan yang selanjutnya menghubungkan industri perbankan dan fintech untuk meningkatkan kecepatan inovasi dan inklusi keuangan di Indonesia,” ujar Budi.

Standar Open API adalah bagian dari visi 2 dan visi 3 BSPI 2025, yang bertujuan untuk mendukung open banking dalam transaksi pembayaran untuk mendorong transformasi digital di industri perbankan serta interlink antara bank dan fintech.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)