Mengungkap Kekayaan King Charles III, Ini Daftar Harta dan Warisan hingga Aset Pribadi

Kamis, 18 Mei 2023 - 23:53 WIB
loading...
Mengungkap Kekayaan King Charles III, Ini Daftar Harta dan Warisan hingga Aset Pribadi
Raja Charles dan Ratu Camilla melambai di balkon Istana Buckingham setelah upacara penobatan mereka di London, Inggris, 6 Mei 2023. Foto/REUTERS/Matthew Childs
A A A
JAKARTA - Dinobatkan sebagai Raja Inggris Raya pada 6 Mei 2023 lalu, King Charles III kini mengawasi aset sekitar USD46 miliar setara Rp681,3 triliun (Kurs Rp14.813/USD) dan mewarisi setidaknya USD500 juta yang jika dirupiahkan mencapai Rp7,4 triliun dari ibunya Ratu Elizabeth II . Termasuk yang menjadi harta warisan yakni kastil, perhiasan, koleksi seni dan peternakan kuda yang semuanya bebas pajak.



Ketika Anda menjadi anggota House of Windsor, masuk ke bisnis keluarga mungkin membawa kebanggaan serta hak istimewa seumur hidup, tetapi hal itu tidak selalu membawa kekayaan besar. Bahkan anggota The Firm-bangsawan berpangkat tinggi telah dikenal sejak zaman Raja George VI-sering bergantung pada orang tua mereka dan saudara berdarah biru lainnya.

Tapi selalu menjadi hal bagus saat menjadi raja. Setelah menunggu selama lebih dari 70 tahun, Raja Charles III yang dinobatkan pada 6 Mei, mewarisi tanah, perkebunan, perhiasan langka, lukisan hingga properti pribadi lain yang beberapa di antaranya berumur berabad-abad yang lalu dari ibunya.



Saat ini Charles juga mengawasi portofolio aset mendiang raja senilai USD46 miliar yang dipercayakan kepada kerajaan, termasuk miliaran investasi-dan istana mewah lainnya, permata dan barang seni yang tidak ternilai harganya.

Kastil Balmoral di Skotlandia yang telah berada di keluarga kerajaan sejak 1852, adalah tempat Ratu menghabiskan musim panas dan hari-hari terakhir hidupnya.

Surat wasiat Yang Mulia diperkirakan akan disegel setidaknya selama 90 tahun sehingga distribusi asetnya secara tepat tidak akan diketahui selama beberapa generasi. Tetapi sebagai putra tertuanya, Charles mewarisi perkebunan pribadi Sang Ratu — kastil yang sangat dicintainya di Balmoral, Skotlandia, tempat dia meninggal, serta Sandringham di Inggris timur, rumah bagi peternakan kuda ras asli yang dikenal sebagai Royal Studs.

Raja Charles juga diperkirakan akan mewarisi koleksi perhiasan, seni, perangko langka, dan investasi pribadinya yang sangat besar. Secara keseluruhan, Forbes menilai aset pribadi ini sebesar USD500 juta. Dan Charles tidak perlu membayar pajak warisan, berkat perjanjian 1993 dengan pemerintah Inggris yang membebaskan transfer properti dari satu penguasa ke penguasa lainnya.

Raja berusia 73 tahun itu juga naik takhta dengan aset pribadi melalui pendapatan tahunan yang menguntungkan yang ia terima dari Duchy of Cornwall, yang menghasilkan sekitar USD27 juta tahun ini dan putra sulungnya, Pangeran William saat ini akan mewarisinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2461 seconds (0.1#10.140)