Dibuka Hari Ini, #DIATF 2023 Dukung Target 1,4 Miliar Perjalanan Wisnus

Jum'at, 19 Mei 2023 - 12:02 WIB
loading...
Dibuka Hari Ini, #DIATF 2023 Dukung Target 1,4 Miliar Perjalanan Wisnus
#DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 (#DIATF 2023) resmi dibuka hari ini, Jumat (19/5/2023), dihadiri Menhub Budi Karya Sumadi dan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kolaborasi pemerintah, BUMN , perbankan hingga pelaku industri pariwisata diwujudkan melalui gelaran #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 (#DIATF 2023) yang resmi dibuka hari ini hingga Minggu (21/5) di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan.

Hadir membuka acara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Oddo Manuhutu.

Ajang travel #DIATF 2023 digagas oleh Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan dalam pelaksanaannya menggandeng sejumlah pihak.

Mulai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), BUMN Holding Pariwisata dan Pendukungnya InJourney, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo), sejumlah bank pelat merah maupun swasta, serta stakeholders pariwisata lainnya.

Oddo Manuhutu mengatakan, #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 digelar untuk mendukung implementasi program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang memiliki target 1,2 – 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) dan diperkirakan akan memberikan dampak pendapatan pariwisata di kisaran Rp3.281 triliun. Nilai tersebut tentunya akan berdampak signifikan terhadap pemulihan pariwisata dan ekonomi makro.

Selain itu juga untuk membangun kemandirian pariwisata Indonesia dengan mengembangkan mindset kebanggaan dan prioritas berwisata di Indonesia.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf juga turut menyampaikan bahwa pada tahun 2023, pemerintah telah menetapkan target wisnus sebanyak batas bawah di 1,2 miliar dan batas atas 1,4 miliar dengan nilai kontribusi pariwisata terhadap PDB diharapkan bisa mencapai 4,10%.

Pencapaian target ini didukung dengan kampanye nasional BBWI dengan tagar #Diindonesiaaja sebagai ajakan agar masyarakat Indonesia lebih mencintai destinasi wisata di Indonesia sekaligus mendorong pariwisata di daerah.

Sementara itu, InJourney sebagai penyelenggara pelaksanaan #DIATF 2023 bersama Astindo, menyambut baik diselenggarakannya #DIATF 2023 sebagai langkah positif untuk memberikan wadah bagi para travel agent, hotel serta maskapai dalam memberikan pilihan paket wisata di Tanah Air.

Hal tersebut untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan dalam mendongkrak kembali serta mengakselerasi pertumbuhan pariwisata dalam negeri pasca pandemi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)