20 Negara Terkaya di Daratan Eropa, Nomor 1 Erat dengan Mantan Presiden RI

Senin, 22 Mei 2023 - 16:20 WIB
loading...
20 Negara Terkaya di Daratan Eropa, Nomor 1 Erat dengan Mantan Presiden RI
Berikut negara-negara terkaya di Eropa, yang dilihat lewat data dari Credit Suisses Global Wealth Databook 2022. Terlepas perang Rusia Ukraina yang masih berlangsung, ekonomi Eropa telah berhasil menghindari resesi. Foto/Dok
A A A
BRUSSELS - Ekonomi Eropa menunjukkan ketahanan di tengah tantangan global, saat kuartal pertama 2023 tumbuh moderat karena harga energi yang lebih rendah, berkurangnya kendala pasokan dan kuatnya pasar tenaga kerja untuk menghilangkan kekhawatiran resesi. Kali ini kita akan membahas beberapa negara terkaya Eropa .



Terlepas dari perang Rusia Ukraina yang masih berlangsung, ekonomi Eropa telah berhasil menghindari resesi karena diversifikasi sumber energi yang cepat dan penurunan konsumsi gas, menurut "Prakiraan Ekonomi Musim Semi 2023" Komisi Eropa.



Pengurangan biaya energi memberi keuntungan bagi bisnis dan konsumen, tetapi pertumbuhan upah tidak mengikuti inflasi dan dapat mempengaruhi konsumsi swasta. Inflasi tetap tinggi, yang dapat menyebabkan kondisi pembiayaan yang lebih ketat.

Berikut adalah negara-negara terkaya di Eropa, yang dilihat lewat data dari Credit Suisse's Global Wealth Databook 2022. Dimana Database ini menghitung kekayaan (per 2021) berdasarkan nilai aset keuangan dan non-keuangan sambil mengurangi utang. Berdasarkan analis data tersebut, maka ini daftar 20 negara terkaya di Eropa:

20. Hungaria

Total Kekayaan pada Tahun 2021: USD547 miliar

Terletak di jantung Eropa, Hungaria adalah negara tanpa akses langsung ke laut dengan kota terbesar dan juga menjadi ibukotanya adalah Budapest. Karena besar dampak budaya dan ekonominya, Hungaria dianggap sebagai kekuatan menengah di panggung global.

Negara ini memiliki ekonomi berpenghasilan tinggi, dan warganya menikmati pendidikan menengah gratis dan akses ke perawatan kesehatan universal. Hungaria memiliki sejarah yang kaya kontribusi penting untuk bidang-bidang seperti seni, musik, sastra, olahraga, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Ekonomi negara ini sangat bergantung pada ekspor, dengan mitra dagang utamanya adalah Jerman, Austria, dan Rumania. Mereka menjadi salah satu negara terkaya di Eropa, dengan total kekayaan sebesar USD547 miliar pada tahun 2021.

19. Rumania

Total Kekayaan 2021: USD640 miliar

Terletak di konvergensi Eropa Tengah, Timur dan Tenggara, Rumania adalah negara dengan Bukares sebagai ibu kota dan kota terbesarnya. Dengan ekonomi yang mapan dan pengaruh yang berkembang dalam urusan internasional, Rumania dianggap sebagai kekuatan menengah yang muncul.

Rumania adalah negara berpenghasilan tinggi yang mengalami periode ekspansi ekonomi yang cepat di awal 2000-an, dan hari ini ekonominya terutama berbasis layanan. Selain itu, Rumania juga dikenal sebagai produsen dan pengekspor mesin dan energi listrik. Pada tahun 2021, total kekayaan negara itu mencapai USD640 miliar.

18. Ukraina

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD679 miliar

Terletak di Eropa Timur, Ukraina adalah negara berdaulat dengan ibu kota dan kota terbesarnya, Kyiv. Sistem pemerintahannya adalah kesatuan dengan struktur semi-presidensial.

Tanah subur yang luas di negara itu memungkinkannya menjadi salah satu pengekspor biji-bijian global terbesar sebelum perang. Ukraina memainkan peran penting dalam mendirikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan juga anggota dari beberapa organisasi internasional lainnya, termasuk Dewan Eropa, Organisasi Perdagangan Dunia, dan OSCE.

Total kekayaan Ukraina pada tahun 2021 mencapai USD679 miliar, menjadikannya salah satu negara terkaya di Eropa.

17. Ceko

Total Kekayaan 2021: USD701 miliar

Ceko atau Republik Ceko adalah negara yang terkurung daratan yang terletak di Eropa Tengah, dan kota terbesar yang menjadi ibu kotanya adalah Praha. Mereka adalah negara maju dengan sistem pemerintahan republik parlementer, ekonomi pasar sosial berpenghasilan tinggi yang maju, dan negara kesejahteraan sosial berdasarkan model Eropa.

Warganya memiliki akses ke perawatan kesehatan hingga pendidikan sampai universitas secara gratis. Republik Ceko adalah anggota aktif dari berbagai organisasi internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, NATO, Uni Eropa, OECD, OSCE, Dewan Eropa, dan Grup Visegrád.

Pada tahun 2021, total kekayaan Ceko mencapai USD701 miliar, yang menempatkannya di urutan ke-17 dalam daftar 20 negara terkaya di Eropa.

16. Finlandia

Total Kekayaan pada 2021: USD817 miliar

Republik Finlandia sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, memiliki kota terbesar dan ibu kotanya yakni Helsinki. Mereka menjadi anggota Uni Eropa pada tahun 1995 dan mengadopsi mata uang zona euro ketika dibuat pada tahun 1999.

Selain itu mereka sedang bersiap untuk bergabung dengan NATO pada tahun 2023. Finlandia secara konsisten mencetak kinerja mengesankan melihat indikator utama nasional seperti pendidikan, daya saing ekonomi, kebebasan sipil, kualitas hidup, dan pembangunan manusia. Pada tahun 2021, total kekayaan Finlandia mencapai USD817 miliar.

15. Yunani

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD914 miliar

Republik Hellenic atau yang lebih dikenal sebagai Yunani, terletak di Eropa Tenggara, dengan Athena berfungsi sebagai ibu kota dan kota terbesar diikuti oleh Thessaloniki dan Patras. Yunani beroperasi sebagai republik parlementer kesatuan, di mana ia memegang posisi penting sebagai investor regional.

Yunani terkenal dengan warisan budayanya yang signifikan, industri pariwisata yang berkembang, dan sektor perkapalan yang patut diperhatikan.

14. Portugal

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD1.287 triliun

Republik Portugis atau Portugal, terletak di Semenanjung Iberia yakni Eropa barat daya, dengan ibukota dan kota terpadatnya adalah Lisbon. Portugal memiliki peran yang mendalam secara budaya, arsitektur dan bahasa.

Ekonomi maju dan Portugal merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, Wilayah Schengen, dan Dewan Eropa. Portugal juga memainkan peran penting dalam mendirikan organisasi seperti NATO, zona euro, OECD, dan Komunitas Negara-negara Berbahasa Portugis.

Ini adalah salah satu negara Eropa terkaya, dengan total kekayaan pada tahun 2021 sebesar USD1.287 triliun.

13. Norwegia

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD1.413 triliun

Kerajaan Norwegia adalah negara Nordik di Eropa Utara, menempati bagian barat dan paling utara Semenanjung Skandinavia. Kota terbesar dan ibukota Norwegia adalah Oslo. Norwegia menjunjung tinggi model kesejahteraan Nordik, yang mencakup perawatan kesehatan untuk semua orang dan sistem jaminan sosial yang mencakup semua, dan prinsip-prinsip intinya didasarkan pada konsep kesetaraan.

Pemerintah Norwegia memiliki kepemilikan saham yang signifikan di sektor-sektor industri utama, dan negara ini memiliki cadangan sumber daya alam yang melimpah seperti minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut, kayu, dan air tawar.

Industri perminyakan bertanggung jawab atas sekitar seperempat dari produk domestik bruto (PDB) Norwegia. Ini adalah salah satu negara terkaya di Eropa berdasarkan total kekayaan pada 2021.

12. Polandia

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD1.525 triliun

Republik Polandia adalah negara Eropa Tengah dengan Warsawa berfungsi sebagai ibu kota dan kota terbesarnya. Ini adalah pasar yang makmur dan ekonomi berpenghasilan tinggi dan dianggap sebagai kekuatan menengah. Polandia menawarkan warganya kualitas hidup, keselamatan, dan kebebasan ekonomi yang tinggi.

Selain itu, negara ini juga menyediakan pendidikan universitas gratis dan memiliki sistem perawatan kesehatan universal. Polandia merupakan anggota pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa dan juga anggota Organisasi Perdagangan Dunia, NATO, dan Uni Eropa.

Polandia tercatat sebagai salah satu negara terkaya di Eropa, dengan total kekayaan pada tahun 2021 sebesar USD1.525 triliun.

11. Austria

Total Kekayaan 2021: USD1.825 triliun

Austria adalah negara yang terkurung daratan di Eropa Tengah, yang dikenal secara resmi sebagai Republik Austria. Negara ini terdiri dari sembilan negara bagian, dengan Wina menjadi ibu kota dan negara bagian terpadat.

Austria berjalan dengan sistem demokrasi perwakilan parlementer, dengan presiden sebagai kepala negara dan kanselir sebagai kepala pemerintahan dan kepala eksekutif. Negara ini telah menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1955 dan bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 1995.

Austria menjadi tuan rumah bagi organisasi seperti OSCE dan OPEC, dan merupakan salah satu anggota pendiri OECD dan Interpol. Mereka juga salah satu negara terkaya di Eropa, dengan total kekayaan pada tahun 2021 sebesar USD1.825 triliun.

Austria adalah rumah bagi beberapa perusahaan terbesar di Eropa, seperti Novo Nordisk A/S (NYSE:NVO), ASML Holding N.V. (NASDAQ:ASML), dan Novartis AG (NYSE:NVS).

10. Denmark

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD1.935 triliun

Denmark merupakan sebuah negara Nordik di Eropa Utara yang memiliki ibu kota dan kota terbesarnya yakni Kopenhagen. Pada akhir abad ke-19, Denmark muncul sebagai negara industri dengan fokus pada ekspor produk pertanian.

Lalu pada awal abad ke-20, negara ini menerapkan reformasi sosial dan pasar tenaga kerja yang signifikan, yang meletakkan dasar bagi model negara kesejahteraan saat ini. Denmark adalah negara maju dengan standar hidup tinggi.

Denmark menyandang status anggota pendiri dalam organisasi seperti NATO, Dewan Nordik, OECD, OSCE, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Selain itu, Denmark adalah bagian dari Wilayah Schengen, mempertahankan hubungan politik, budaya, dan bahasa yang erat dengan negara-negara Skandinavia yang berdekatan.

Pada tahun 2021, total kekayaan Denmark mencapai USD1.935 triliun, menjadikannya salah satu negara Eropa terkaya.

9. Swedia

Total Kekayaan tahun 2021: USD2.990 triliun

Swedia, yang dikenal secara resmi sebagai Kerajaan Swedia, adalah negara Nordik yang terletak di Semenanjung Skandinavia di Eropa Utara. Negara ini menawarkan pemandangan indah yang didominasi oleh hutan yang luas dan banyak danau, beberapa di antaranya termasuk yang terbesar di Eropa.

Swedia sangat berkembang dengan sistem monarki konstitusional dan demokrasi parlementer. Otoritas legislatif dipegang oleh Riksdag, majelis unikameral yang terdiri dari 349 anggota.

Swedia terkenal dengan sistem kesejahteraan sosial Nordiknya, menyediakan warganya dengan perawatan kesehatan universal dan akses ke pendidikan tinggi.

Negara ini unggul dalam berbagai aspek, termasuk kualitas hidup, perawatan kesehatan, pendidikan, kebebasan sipil, daya saing ekonomi, kesetaraan pendapatan, kesetaraan gender, dan kemakmuran secara keseluruhan. Pada tahun 2021, total kekayaan Swedia mencapai USD2.990 triliun, menjadikannya salah satu negara terkaya di Eropa.

8. Belgia

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD3.440 triliun

Belgia adalah sebuah negara di Eropa Barat Laut dengan Brussels sebagai ibu kota dan kota terbesarnya. Mereka merupakan negara maju secara ekonomi dengan warganya berpenghasilan tinggi dan standar hidup yang sangat tinggi.

Belgia menjadi salah satu dari enam negara pendiri Uni Eropa dan anggota dari beberapa organisasi internasional seperti NATO, OECD, dan WTO. Pada tahun 2021, total kekayaan Belgia mencapai USD3.440 triliun.

7. Rusia

Total Kekayaan 2021: USD3.789 triliun

Federasi Rusia yang umumnya dikenal sebagai Rusia, adalah negara yang membentang di Eropa Timur dan Asia Utara. Negara yang satu ini dianggap sebagai negara terbesar di dunia, menempati sekitar seperdelapan dari tanah layak huni di Bumi.

Rusia memiliki cadangan mineral dan sumber energi terbesar di dunia, dengan peringkat global yang tinggi dalam produksi minyak dan gas alam. Pada tahun 2021, total kekayaan Rusia mencapai USD3,789 triliun.

Setelah perang Rusia-Ukraina berkecambuk, bisnis seperti Novo Nordisk A/S (NYSE:NVO), ASML Holding N.V. (NASDAQ:ASML), dan Novartis AG (NYSE:NVS) telah memutuskan untuk menghentikan operasi mereka di Rusia.

6. Swiss

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD4.878 triliun

Konfederasi Swiss yang dikenal dengan Swiss, adalah negara yang terletak di tengah-tengah Eropa Barat, Tengah dan Selatan, tanpa akses ke laut atau samudera apa pun. Mereka dibagi menjadi tiga wilayah - Dataran Tinggi Swiss, Pegunungan Alpen, dan Jura.

Pegunungan Alpen menempati bagian terbesar negara itu dan merupakan rumah bagi kota-kota besar dan pusat-pusat ekonomi seperti Zurich, Jenewa, dan Basel.

Swiss dianggap sebagai salah satu negara paling maju di dunia, dan kinerjanya sangat baik dalam berbagai hal secara internasional, termasuk daya saing ekonomi dan pemerintahan yang demokratis. Pada tahun 2021, total kekayaan negara itu mencapai hampir USD5 triliun.

5. Belanda

Total Kekayaan tahun 2021: USD5.422 triliun

Belanda adalah sebuah negara di Eropa barat laut yang juga memiliki wilayah di Karibia. Empat kota terpadat di Belanda yakni Amsterdam, Rotterdam, Den Haag, dan Utrecht, dengan Amsterdam sebagai ibukota.

Belanda telah menjadi monarki konstitusional parlementer dengan struktur kesatuan selama lebih dari satu setengah abad sejak 1848. Mereka dikenal karena tradisi pilarisasi dan sejarah toleransi sosial, yang meliputi legalisasi prostitusi, eutanasia, dan mempertahankan kebijakan narkoba liberal.

Dengan total kekayaan sebesar USD5.422 triliun pada tahun 2021, Belanda adalah salah satu negara terkaya di Eropa.

4. Spanyol

Total Kekayaan pada 2021: USD8.431 triliun

Spanyol secara resmi dikenal sebagai Kerajaan Spanyol terletak di Eropa barat daya, tetapi juga memiliki wilayah di Samudra Atlantik dan di seberang Laut Mediterania. Ibukota dan kota terbesarnya adalah Madrid.

Spanyol memiliki ekonomi maju kapitalis campuran dan merupakan anggota dari berbagai organisasi internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, Zona Euro, Dewan Eropa, G20, Organisasi Negara-negara Ibero-Amerika (OEI), Uni untuk Mediterania, Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO), Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dan banyak lagi lainnya. Spanyol adalah salah satu negara terkaya di Eropa berdasarkan total kekayaan.

3. Italia

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD11.512 triliun

Italia, juga dikenal sebagai Republik Italia adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Selatan dan Barat. Roma menjadi ibu kota dan kota terbesar di Italia. Dikenal sebagai negara adidaya budaya, Italia telah menjadi asal dari beberapa penemuan dan kebudayaan.

Negara ini memiliki sejarah seni, musik, sastra, filsafat, sains dan teknologi, pariwisata, dan mode yang kaya, dan telah memberikan kontribusi signifikan pada berbagai bidang, termasuk bioskop, masakan, olahraga, yurisprudensi, perbankan, dan bisnis. Pada tahun 2021, total kekayaan Italia mencapai USD11.512 triliun.

2. Prancis

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD15.992 triliun

Prancis, secara resmi dikenal sebagai Republik Prancis, adalah sebuah negara yang terletak terutama di Eropa Barat. Ini adalah republik semi-presidensial kesatuan dengan Paris sebagai ibukotanya, yang juga merupakan kota terbesar dan pusat budaya dan komersial utama negara itu.

Prancis telah mempertahankan posisinya sebagai pusat global seni, sains, dan filsafat selama beberapa abad. Ini adalah rumah terbesar kelima Situs Warisan Dunia UNESCO dan dianggap sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di dunia. Pada tahun 2021, total kekayaan Prancis mencapai USD15.992 triliun.

1. Jerman

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD17.489 triliun

Jerman, secara resmi dikenal sebagai Republik Federal Jerman, adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Tengah. Ibukota dan kota terpadatnya adalah Berlin, sementara Frankfurt berfungsi sebagai pusat keuangan utamanya dan wilayah Ruhr adalah daerah perkotaan terbesarnya.

Jerman memiliki ekonomi terbesar di Eropa. Mereka juga dianggap sebagai pemimpin global di sektor industri, ilmiah, dan teknologi. Menjadi negara maju, Jerman menyediakan jaminan sosial, sistem perawatan kesehatan universal, dan pendidikan universitas gratis.

Jerman adalah anggota dari beberapa organisasi internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, NATO, Dewan Eropa, G7, G20, dan OECD. Dengan total kekayaan sebesar USD17.489 triliun pada tahun 2021, Jerman menjadi negara Eropa terkaya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8931 seconds (0.1#10.140)