Soal Transformasi dan Kolaborasi BUMN, Begini Pandangan Dirut Bank Mandiri

Sabtu, 27 Mei 2023 - 17:10 WIB
loading...
Soal Transformasi dan Kolaborasi BUMN, Begini Pandangan Dirut Bank Mandiri
Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengungkapkan pandangannya soal transformasi BUMN. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menyikapi peran transformasi badan usaha milik negara ( BUMN ) dan juga kolaborasi antar-BUMN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, sebaiknya kita patut bersyukur bahwa Indonesia memiliki pertumbuhan PDB yang sangat baik.



"Ini juga merupakan hal yang sangat positif karena banyak sekali kebijakan-kebijakan pemerintah terutama di masa pandemi yang sangat kondusif untuk menggerakkan roda ekonomi secara nasional, sehingga saat Covid mulai mereda juga membuat ekonomi pulih lebih cepat," jelas Darmawan dalam wawancara khusus bersama MNC Media, ditulis Sabtu (27/5/2023).

Perlu diketahui, lewat transformasi BUMN, aset BUMN pada tahun 2021 telah menyumbang 53% dari total PDB Indonesia dan terus meningkat. Menurut Darmawan, kolaborasi yang sangat baik antara pemerintah dan sektor usaha juga merupakan langkah yang positif untuk bisnis Bank Mandiri sendiri.

"Kita bisa melihat potensi pasar yang bisa digarap dan kita bisa lihat dengan kinerja Bank Mandiri yang sangat baik di tahun 2022 lalu," ungkap Darmawan.

Sebagai roda ekonomi utama, lanjut Darmawan, BUMN bisa dibilang menjadi sepertiga perekonomian nasional. Hal itu karena ekonomi digerakkan oleh perputaran bisnis BUMN.

Darmawan khususnya Bank Mandiri melihat semakin hari transformasi yang dilakukan Kementerian BUMN membuat kontribusi BUMN secara keseluruhan terus meningkat dan sangat positif.

"Artinya kalau kita lihat kontribusi BUMN 2020 sampai dengan 2022 ada peningkatan, dari sisi setoran kepada negara sudah mencapai Rp1.198 triliun atau naik Rp68 triliun dari periode 2017-2019 senilai Rp1.130 triliun. Itu semua menjadi satu dividen, pajak maupun penerimaan negara," jelas Darmawan.



Wujud dukungan BUMN pada pembangunan Indonesia dari sisi pembiayaan adalah Bank Mandiri yang telah menyalurkan kredit untuk membiayai infrastruktur sebesar Rp339,44 triliun per Maret 2023.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2422 seconds (0.1#10.140)