Terbitkan Green Bond, Bank Mandiri Incar Dana Rp5 Triliun

Selasa, 23 Mei 2023 - 11:33 WIB
loading...
Terbitkan Green Bond, Bank Mandiri Incar Dana Rp5 Triliun
Bank Mandiri mengincar pendanaan Rp5 triliun dari penerbitan green bond tahap I 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) melaksanakan penawaran umum berkelanjutan (PUB) obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan atau green bond tahap I tahun 2023 dengan target emisi Rp5 triliun. Penerbitan green bond tersebut bagian dari PUB Green Bond Bank Mandiri dengan total dana yang dihimpun mencapai Rp10 triliun.

"Penerbitan green bond merupakan salah satu inisiatif yang mempertegas konsistensi Bank Mandiri dalam penerapan keuangan berkelanjutan melalui pengembangan produk dan jasa keuangan berkelanjutan serta peningkatan portofolio pembiayaan hijau," ujar Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi melalui siaran pers, Selasa (23/5/2023).



Dana hasil PUB akan digunakan untuk membiayai kembali kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) sebagaimana diatur dalam POJK No.60/POJK.04/2017 tentang penerbitan dan persyaratan efek bersifat utang berwawasan lingkungan. Penerbitan obligasi merupakan inisiatif strategis untuk memperkuat struktur pendanaan serta mendukung rencana ekspansi bisnis dalam kerangka implementasi Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) Bank Mandiri pada pilar sustainable banking.

Darmawan menyampaikan, penerbitan obligasi hijau menjadi komitmen perseroan dalam mendukung pencapaian target Net Zero Emission (NZE) Indonesia pada 2060. Adapun, dana yang dihimpun dari penerbitan green bond akan digunakan untuk mendukung pembiayaan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk mengakselerasi peningkatan eksposur bank bersandi bursa BMRI ini ke sektor hijau.

Perseroan menunjuk enam perusahaan penjamin emisi, yakni Bahana Sekuritas, BNI Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas, CIMB Niaga Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas Indonesia. "Kami juga telah memasang target pencapaian net zero emission dari aktivitas operasional perusahaan pada tahun 2030," kata Darmawan.



Sebelumnya, perseroan telah menghimpun dana berbasis ESG senilai US$ 800 juta melalui sustainability bond senilai USD300 juta pada tahun 2021 dan ESG Repo senilai USD500 juta pada 2022. Hingga Maret 2023, Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan ke sektor-sektor berbasis ESG hingga Rp232 triliun, atau tumbuh 11% secara year on year (yoy) setara dengan 25% dari total portfolio perusahaan. Pembiayaan tersebut tersalurkan antara lain ke sektor UMKM, pertanian berkelanjutan, energi terbarukan, dan transportasi bersih.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9858 seconds (0.1#10.140)