UMKM Sahabat Sandi Gelar Pelatihan Pembuatan Ikan Olahan

Selasa, 30 Mei 2023 - 11:30 WIB
loading...
UMKM Sahabat Sandi Gelar Pelatihan Pembuatan Ikan Olahan
UMKM Sahabat Sandi menggelar pelatihan pembuatan produk ikan untuk mendorong penciptaan wirausaha baru. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
TANGERANG - UMKM Sahabat Sandi menggelar pelatihan pembuatan produk ikan untuk mendorong penciptaan wirausaha baru. Program yang diinisiasi Menparekraf Sandiaga Uno itu dilakukan di Kronjo, Tangerang, Banten.

"UMKM Sahabat Sandi melakukan pelatihan pembuatan otak-otak dan bakso dari olahan ikan hasil tangkapan laut. Kami memberikan program ini, karena Kecamatan Kronjo penghasilan ikan terbanyak, kenapa diolah menjadi otak-otak dan bakso agar lebih menguntungkan," kata Ketua UMKM Sahabat Sandi, Abdul Mufakhir di lokasi, Minggu (28/5/2023).



Dia mengatakan daerah tersebut merupakan pusat kawasan perikanan di Indonesia, dikarenakan budidaya masyarakat sekitar cukup bagus dalam mengelola ikan. Namun, ibu-ibu istri nelayan masih belum produktif, dengan begitu pelatihan pembuatan beragam produk ikan tersebut didorong.

Dia optimistis ikan produk-produk ikan tersebut akan meningkatkan pendapatan nelayan karena pelatihan ini membuka pelaku usaha baru untuk memproduksi berbagai macam hasil ikan.

Lebih lanjut, Abdul bersama pihaknya akan memfasilitasi bantuan modal kredit dengan bunga ringan kepada peserta yang berkeinginan membuka usaha setelah mengikuti pelatihan. Ia pun menegaskan program ini akan terus dijalankan, karena ikan memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

"Kami juga akan membuat program yang terus hadir untuk masyarakat bawah, seperti permodalan karena setelah pelatihan ini mereka ingin membuka usaha namun terkendala dengan modal, maka kami fasilitas bantuan kredit dengan bunga yang ringan," jelas Abdul.

"Pelatihan ini akan berkelanjutan untuk para ibu-ibu nelayan, pedagang, serta petani, karena ikan ini masih banyak potensi yang dikembangkan seperti kerupuk, sosis, dan nugget dari ikan," sambungnya.

Menurut Abdul, Sandiaga Uno tokoh yang peduli kepada rakyat kecil, sehingga ia dapat dinobatkan sebagai sosok pemimpin Indonesia di masa depan.

"Pak Sandiaga Uno bagi kami adalah panutan karena sangat peduli kepada masyarakat kecil terutama di desa-desa," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)