Industri Pariwisata Domestik Dorong Perjalanan Internasional

Kamis, 01 Juni 2023 - 22:00 WIB
loading...
Industri Pariwisata Domestik Dorong Perjalanan Internasional
Perjalanan internasional terus meningkat didorong pemulihan industri pariwisata dalam negeri. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perjalanan internasional terus meningkat didorong pemulihan industri pariwisata dalam negeri. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terjadi peningkatan pengguna angkutan udara sepanjang 2022.

Sebanyak 11,87 juta orang tercatat sebagai penumpang pesawat rute internasional, dengan tingkat pemulihan pergerakan penumpang internasional mencapai 33%.

Data internal Traveloka mencatatkan sepanjang semester I 2023 terdapat peningkatan sebesar hingga 3 kali lipat untuk pencarian destinasi domestik dan internasional.



Animo masyarakat dalam berwisata juga tercermin dari tingkat pemesanan akomodasi, tiket pesawat dan atraksi internasional yang meningkat hingga 2 kali lipat jika dibandingkan dengan periode 2022.

Dari jumlah perjalanan tersebut, tercatat sebanyak 60% perjalanan bertujuan untuk leisure dan hiburan, seperti liburan bersama keluarga, teman, bahkan solo travel disusul dengan perjalanan bisnis, wisata religi dan tujuan pendidikan.

Selain itu, 75% aktivitas pada saat liburan adalah seputar kuliner dan belanja, diikuti dengan kunjungan ke tempat wisata dan museum, taman hiburan, pantai dan kebun binatang.

CEO of Transport Traveloka Iko Putera mengatakan pada Juni tahun ini merupakan momentum liburan sekolah pertama setelah pandemi mereda.

Pihaknya mengamati adanya lonjakan minat pariwisata domestik maupun internasional yang luar biasa, terutama segmen family travel.

"Traveloka Travel Fair 2023 merupakan bagian dari wujud komitmen kami dalam mendorong pariwisata global, sekaligus memberikan solusi kemudahan kepada konsumen dalam merencanakan dan mewujudkan aspirasi perjalanan mereka, terutama untuk perjalanan internasional," kata Iko melalui melalui pernyataannya. Kamis (1/6/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)