Soal Kecurangan SPBU, Ini Cara Kerja Mesin BBM

Kamis, 09 Juni 2016 - 13:36 WIB
Soal Kecurangan SPBU, Ini Cara Kerja Mesin BBM
Soal Kecurangan SPBU, Ini Cara Kerja Mesin BBM
A A A
JAKARTA - Belum lama ini, terkuak pemberitaan terkait kecurangan pengelola di SPBU Pertamina 34-12305 di daerah Rempoa yang dikelola swasta. Kecurangan ini dilakukan dengan mengurangi takaran pengisian bahan bakar minyak (BBM).

(Baca: BBM Premium dan Solar Masih Jadi Primadona meski Ada Pertalite)

Maka, PT Pertamina menggelar kegiatan sharing knowledge yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih baik terhadap masyarakat tentang cara kerja mesin dispenser BBM yang benar.

"Jadi, ini secara garis besar, dispenser ini ada dua. Pertama adalah dispenser itu sendiri, bentuknya kotak, itu yang berada di stasiun pengisian dan yang tangki timbun itu di bawah dan tidak kelihatan," kata Supervisor SPBU 34-12301 ‎Wiratno saat menjelaskan cara kerja mesin dispenser di SPBU Bintaro, Kamis (9/6/2016).

Mesin dispenser yang mereka punya sendiri adalah mesin dengan merek Wayne yang diproduksi di Amerika yang telah dibuka bagian bodi penutupnya, sehingga mesin-mesin di dalam dispenser terlihat.

"Ini bagian pertama mesin ini adalah mesin penghisap cairan BBM dari tangki pendam. Mesin tersebut, terhubung dengan pipa spiral yang tersambung langsung dengan tangki pendam," kata dia.

Kemudian, mesin sedot ini akan bekerja saat operator mengangkat ujung selang alias nozzle, itu tandanya akan terdengar bunyi putaran yang berasal dari dinamo pompa. Secara otomatis, cairan BBM akan naik ke alat penakar yang disebut selenoid valve untuk menerima pembelian.

"Perintah pembelian ada dua. Biasanya, kalau kita membeli kita menyebutkan nominal harga atau takaran liter. Itu yang kemudian di-input ke dalam perintah pembelian," jelasnya.

Lalu, dari selenoid valeve, cairan BBM akan mengalir melalui flowmeter alias alat pengukur aliran dan turun terus ke selang BBM. Dan saat tuas di moncong selang atau nozzle ditarik, maka cairan bensin tadi akan keluar dan mengalir ke dalam tangki kendaraan yang akan diisi.

"Di saat bersamaan juga, tongkat totalisator yang berada di atas flowmeter bergerak bersamaan dengan angka nominal harga, totalisator penghitung penjualan sesuai kecepatan cairan yang keluar di nozzle.‎ Flowmeter akan berhenti bekerja setelah mencapai angka pembelian yang telah dimasukkan," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5891 seconds (0.1#10.140)