Terbang ke Uzbekistan, Sandiaga Uno Bukukan Komitmen Human Lab and Medical untuk Investasi di RI

Selasa, 06 Juni 2023 - 19:36 WIB
loading...
Terbang ke Uzbekistan, Sandiaga Uno Bukukan Komitmen Human Lab and Medical untuk Investasi di RI
Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno bertemu dengan Pimpinan Human Lab and Medical, Eldor Tashpulatov dan Farhan Kurnia di Human Lab Center, 53 Khusayin Baykaro Street, Tashkent, Uzbekistan pada Selasa (6/6/2023). Foto/Dok
A A A
UZBEKISTAN - Terbang jauh dari Indonesia menuju Uzbekistan , Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan kabar baik.

Dirinya yang bertemu dengan Pimpinan Human Lab and Medical, Eldor Tashpulatov dan Farhan Kurnia di Human Lab Center, 53 Khusayin Baykaro Street, Tashkent, Uzbekistan pada Selasa (6/6/2023).



Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno yang didampingi Duta Besar Republik Indonesia untuk Uzbekistan merangkap Republik Kyrgyzstan, Prof Dr H Sunaryo Kartadinata memaparkan tentang besarnya potensi wisata kesehatan di Indonesia.

Di antaranya, kemudahan investasi merujuk MoU antara Kementerian Kesehatan dan Kemenparekraf dalam program Wisata Kesehatan. Selanjutnya, pertumbuhan wisata kesehatan global yang tumbuh sebesar 10,8% dalam 4 tahun terakhir.



Nilai transaksi dalam ekosistem wisata kesehatan global pun diproyeksi terus bertumbuh, yakni USD33,60 miliar pada tahun 2023 naik menjadi sebesar USD45,22 miliar pada tahun 2025.

Sementara, tercatat ada sebanyak 2 juta warga Indonesia yang berobat ke luar negeri dengan nilai transaksi mencapai Rp165 triliun atau setara USD11 miliar per tahun.

Merujuk hal tersebut, dirinya berharap kolaborasi yang terjalin antara Kemenparekraf dengan Human Lab and Medical dapat menghadirkan layanan kesehatan berkelas dunia. Sehingga sesuai dengan program 'Sehat dan Bugar di Indonesia Aja', warga negara Indonesia maupun warga negara asing mendapatkan layanan kesehatan di Indonesia.

"Kita baru mendapatkan komitmen dari Human Lab & Medical untuk mendukung ekosistem pariwisata berbasis kesehatan, mereka akan membuka investasinya di Indonesia karena kita sekarang sedang membidik wisata berbasis kesehatan," ungkap Sandiaga Uno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)