Lebihi Target, Holding BUMN Perkebunan Raih Laba Rp6 Triliun di 2022

Selasa, 06 Juni 2023 - 18:28 WIB
loading...
Lebihi Target, Holding BUMN Perkebunan Raih Laba Rp6 Triliun di 2022
Suasana RUPST PTPN III. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) mencatatakan kinerja keuangan positif untuk tahun buku 2022. Perusahaan meraup laba bersih konsolidasi Rp6,02 triliun (121,63% dari target), serta arus kas operasi Rp6,81 triliun (107,88% dari target).



Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan capaian itu merupakan kinerja dewan komisaris, direksi, dan jajaran perusahaan sepanjang tahun buku 2022. Pahala menekankan agar direksi terus mengupayakan pencapaian target keuangan dan operasional dalam RKAP tahun 2023 secara optimal.

"Termasuk program hilirisasi, diversifikasi produk, ekspansi pasar, dan sinergi dengan BUMN lainnya,” ujar Pahala yang hadir sebagai perwakilan pemegang saham PTPN III saat RUPS, dikutip Selasa (6/6/2023).

Pahala berharap, PTPN III sebagai induk holding di klaster perkebunan dan kehutanan, terus berkomitmen untuk memperkuat kinerja perusahaan dan menghadapi tantangan bisnis di masa depan. Menurutnya, manajemen perusahaan dapat mengambil langkah-langkah strategis guna mencapai sasaran kinerja dan key performance indicator (KPI) yang telah ditetapkan.

"Perusahaan juga agar terus membina anak perusahaan secara intensif serta memastikan strategi dan rencana kerja yang tepat guna dan tepat waktu,” imbuh Pahala.

Sementara itu, Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani mengatakan, keberhasilan ini selain disebabkan oleh transformasi, baik di bidang operasional maupun keuangan di perusahaan, juga dipengaruhi oleh kenaikan harga komoditas kelapa sawit dan produk turunannya.

Di sisi lain, Abdul Ghani juga mengakui adanya tantangan yang dihadapi perusahaan, seperti terkait dinamika pasar ekspor crude palm oil (CPO). “Kebijakan terkait hal itu berdampak pada kegiatan operasional dan kinerja keuangan perusahaan,” jelas Abdul Ghani.

Komisaris Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Zulkifli Zaini memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran manajemen perusahaan. “Tentunya, perusahaan agar tidak cepat puas dengan capaian tersebut,” ucapnya.



Dewan Komisaris menyampaikan sejumlah saran kepada Direksi PTPN III (persero), di antaranya meliputi beberapa aspek strategis, operasional, pemasaran, keuangan, teknologi informasi, pengadaan dan investasi, pengendalian internal dan manajemen risiko, pengawasan penggunaan dana PMN 2015 dan IP PEN, serta tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)