Pos Indonesia Salurkan Bansos dan PKH Hampir 100% di Gili Trawangan

Rabu, 07 Juni 2023 - 20:03 WIB
loading...
Pos Indonesia Salurkan Bansos dan PKH Hampir 100% di Gili Trawangan
Pos Indonesia menyalurkan bansos dan PKH di Gili Trawangan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pos Indonesia menyalurkan bansos sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (NTT). Distribusi bantuan per 6 Juni 2023 mencapai 99,05%.

"Kami beserta tim menyisir penerima-penerima bantuan PKH sembako yang sampai dengan hari ini belum mengambil. Secara total ada alokasi sebanyak 83.836. Sampai posisi tadi malam 6 Juni tersalurkan 99,05%. Jadi masih ada sekitar 800-an lebih KPM yang posisinya masih kami telusuri," ujar Kepala Kantor Pos Mataram Sigit Sugiharto melalui pernyataan resmi, Rabu (7/6/2023).



Dia menjelaskan alokasi bansos sembako dan PKH sebanyak 83.836 keluarga penerima manfaat (KPM) di Gili Trawangan. Pos Indonesia memastikan akan terus menyisir ke lokasi-lokasi untuk mengecek langsung masyarakat yang belum menerima PKH.

Rencananya, penyaluran akan dilakukan dengan aktivitas door to door atau mengantarkan langsung ke tempat tinggal KPM pada akhir pekan ini.

"Jadi rencana hari Sabtu-Minggu ini, kita lakukan aktivitas door to door kepada seluruh KPM yang belum mengambil. Apabila bila nanti pada saatnya mereka bisa dibayarkan akan langsung dibayarkan di lokasi masing-masing," ucapnya.

Dalam menyalurkan sisa bansos tersebut pihaknya akan bekerja sama dengan kepala desa atau lurah untuk meminta keterangan KPM yang belum menerima. "Jadi hari ini kita coba meyakinkan bahwa di beberapa hari ke depan realisasinya sudah tercapai 100%," tutur Sigit.

Dalam penyaluran bansos sembako dan PKH, Sigit mengatakan hampir tidak ada kendala. Penyaluran dilakukan dengan tiga metode yaitu pengambilan di Kantorpos, komunitas, dan door to door. Hal tersebut terbukti efektif.

"Paling banyak yang bisa kami salurkan dengan pola panggil ke Kantorpos. Kemudian, dikumpulkan dalam satu komunitas. Baru yang sisa-sisanya kami lakukan visit kepada seluruh KPM," kata Sigit.



Salah satu KPM yang telah menerima bantuan, Irsad Abdul Ibad, mengungkapkan rasa syukurnya karena telah mendapat bansos ini. Ia merasa terbantu berkat bansos ini. "Merasa terbantu. Saya sangat berterima kasih," ujar Irsad.

Irsad mengaku telah menggunakan bansos untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. "Dipakai buat makan. Buat bayar listrik," kata Irsad.

Dia mengapresiasi langkah pemerintah dan Pos Indonesia dalam penyaluran bansos. Irsad berharap agar bantuan ini bisa terus berlanjut. "Kalau bisa setiap bulan dikasih PKH. Dengan adanya bantuan ini kondisi kami lebih baik lagi," tutur Irsad.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)