Menhub Sebut Kereta Cepat dan LRT Jabodebek Diresmikan Tahun Ini

Jum'at, 09 Juni 2023 - 20:15 WIB
loading...
Menhub Sebut Kereta Cepat dan LRT Jabodebek Diresmikan Tahun Ini
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan LRT Jabodobek akan diresmikan tahun ini.

Adapun untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diresmikan Oktober atau November 2023 dann LRT Jabodebek akan diresmikan 18 Agustus 2023.

"Sebentar lagi, LRT Jabodebek akan diresmikan 18 Agustus 2023. Lalu Oktober atau November itu Kereta Cepat Jakarta-Bandung," ujar Menhub saat ditemui di Plataran Senayan, Jumat (9/6/2023).



Dia mengatakan sebelum diresmikan, LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diuji coba terlebih dahulu. Adapun, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dilakukan uji coba pertengahan Juni 2023.

Terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan beroperasi Agustus 2023 dengan kecepatan makasimal 350 kilometer per jam.

"Kereta Cepat ini nanti akan kita siapkan bulan Agustus. Luhut mengatakan bahwa jarak Jakarta ke stasiun Padalarang akan dapat ditempuh kurang dari satu jam. Jakarta-Bandung akan kita tempuh kurang dari 1 jam," kata dia.



Sementara untuk LRT Jabodebek, Luhut menyebutkan bahwa keretanya menggunakan kereta buatan dalam negeri.

"Kami laporkan LRT ini hampir semua buatan dalam negeri. Memang awal-awal itu banyak sekali tak setuju. Namun, saya lapor langsung ke Presiden biarkan saja pakai buatan dalam negeri," kata Luhut.

Luhut mengungkapkan tiga moda transportasi, yakni LRT Jabodebek dan Transjakarta akan terintegrasi dengan baik. "Jadi semua ini, tiga moda transportasi kami buat terintegrasi," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)