Resmi Meluncur di Jepang, Halal Vending Machine Hadirkan Produk Makanan dan Minuman RI

Kamis, 15 Juni 2023 - 11:09 WIB
loading...
Resmi Meluncur di Jepang, Halal Vending Machine Hadirkan Produk Makanan dan Minuman RI
Pemerintah Indonesia meluncurkan Indonesia Halal Vending Machine yang berlokasi di lingkungan KBRI Tokyo, Jepang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia resmi meluncurkan Indonesia Halal Vending Machine yang berlokasi di lingkungan KBRI Tokyo, Jepang .

Vending Machine ini merupakan menjadi mesin penjual otomatis pertama di Jepang, bahkan di dunia, yang mempromosikan produk-produk eksklusif dari satu negara.

Dengan adanya mesin tersebut, warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Jepang bisa lebih mudah membeli makanan atau minuman asal Tanah Air.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI Didi Sumedi mengatakan, peluncuran Indonesia Halal Vending Machine ini merupakan hasil kolaborasi KBRI Tokyo, Kemendag RI, Bank Indonesia, Bank BNI, Garuda Indonesia, Pertamina, dan ASEAN Japan Centre.

“Vending machine untuk memasarkan produk makanan ringan dan minuman halal Indonesia di Jepang merupakan langkah inovatif, kolaboratif, dan efektif dalam peningkatan ekspor produk halal tersebut,” ujarnya melalui keterangan resmi, Kamis (15/6/2023).



Menurut Didi, memperkenalkan produk mamin halal Indonesia dengan vending machine juga sejalan dengan usaha Indonesia untuk menjadi pusat halal dunia pada 2024.

Ekspor produk halal perlu terus didorong untuk semakin memantapkan perekonomian dalam negeri dalam mempersiapkan momen tersebut. Untuk itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk memopulerkan dan meningkatkan ekspor produk halal Indonesia.



Dia menambahkan, pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menjadikan Indonesia pusat halal dunia pada 2024. Sehingga, perlu diambil langkah untuk mendorong ekspor produk halal Indonesia dalam upaya meningkatkan ketahanan perekonomian nasional.“Saat ini, langkah tersebut difokuskan pada makanan halal, modest fashion, farmasi, dan kosmetik,” terang dia.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)