Rupiah Terjun Lawan Greenback, Sore Ini Sentuh Rp14.954 per USD

Kamis, 15 Juni 2023 - 18:54 WIB
loading...
Rupiah Terjun Lawan Greenback, Sore Ini Sentuh Rp14.954 per USD
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) terus melanjutkan tren pelemahan dalam beberapa hari terakhir di tengah situasi politik yang memanas. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) terus melanjutkan tren pelemahan dalam beberapa hari terakhir. Pada sesi perdagangan tengah pekan ini, Kamis (15/6/2023) terpantau kurs Rupiah melemah 47 poin ke level Rp14.954 atas dolar AS (USD).

Pelemahan rupiah juga terlihat pada data JISDOR BI, dimana mata uang Garuda bertengger di posisi Rp14.943/USD. Kurs rupiah merosot jauh dari sesi kemarin Rp14.895/USD.



Pengamat Pasar Uang Ibrahim Assuaibi mengatakan, pelemahan rupiah sore ini didorong oleh situasi politik dalam negeri yang tengah memanas tahun ini. "Pemilihan Presiden (Pilpres) didepan mata, pasar terus mengamati perkembangan calon-calon presiden (Capres) yang diusung oleh partai politik," ujar Ibrahim dalam rilis hariannya.



Sambung Ibrahim, pasar sedang mewanti-wanti, jangan sampai Indonesia, sebagai negara besar hanya sebagai objek negara-negara luar. "Makanya sangat penting sekali untuk memiliki pemimpin yang punya kapasitas dan kapabilitas untuk ikut serta menentukan proses-proses yang berlangsung di kancah global," ucapnya.

Intinya, kata Ibrahim, kandidat-kandidat yang sekarang digadang-gadang siapapun, dari partai manapun adalah politisi-politisi ulung yang punya kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dan sangat paham dengan situasi politik tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri.

Di samping itu, dia memprediksi, untuk perdagangan besok, Jumat (16/6) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.940- Rp15.000 per USD.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)