5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya

Senin, 29 Mei 2023 - 19:44 WIB
loading...
5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya
Beberapa mata uang ternyata mempunyai kemiripan nama, yang bila ditelusuri terungkap ada keterkaitan sejarah. Berikut daftar 5 negara yang nama mata uangnya mirip. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Beberapa mata uang ternyata mempunyai kemiripan nama, yang bila ditelusuri terungkap ada keterkaitan sejarah. Seperti halnya uang Indonesia yakni rupiah yang namanya mirip dengan mata uang India , rupee.



Nama rupiah sendiri dalam sejarahnya diambil dari bahasa sansekerta, rupya yang berarti perak yang dibentuk dan ditempa atau wrought silver. Indonesia sendiri sebelumnya dikuasai oleh kerajaan Hindu-Budha, dimana dalam transaksi perdagangan kerap menggunakan koin emas dan perak.



Jadi, nama rupiah berasal dari kata India yaitu rupiya yang berarti perak. Sementara itu, sejak mulai merdeka, Indonesia beberapa kali menerbitkan berbagai jenis uang. Selain India, ada juga beberapa negara yang mata uang mereka ternyata punya kemiripan nama.

Berikut daftar 5 negara yang nama mata uangnya mirip:

1. Rupee (INR) India

Mata uang negara India yang bernama rupee kerap disingkat dengan kode INR. Berasal dari bahasa sansekerta, rupiya pertama kali diperkenalkan pada abad ke-16 dan terus berlanjut hingga masa kekaisaran Mughal di India. Koin perak pertama kali dikeluarkan oleh Sultan Sher Shah Suri pada abad ke-16.

5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya


Dalam melafalkan nama rupee India dan rupiah di Indonesia juga tidak beda jauh. Seperti halnya rupiah, penampilan rupee mencakup berbagai tema warisan kekayaan budaya India.

Desain uang kertas rupee kerap diperbarui, termasuk perbedaan mencolok dari uang kertas Seri Mahatma Gandhi lama dengan uang kertas baru dengan nama yang sama. Faktor keamanan dan pemalsuan kerap menjadi sorotan, mengingat maraknya uang palsu yang beredar.

Akibatnya Reserve Bank of India (RBI) harus mengubah dan memperbarui uang kertas rupee dengan fitur keamanan baru selama bertahun-tahun. Biasanya, denominasi tinggi sering menjadi uang kertas yang paling banyak dipalsukan. Alhasil, pada tahun 2016, pemerintah India mengumumkan demonetisasi semua uang kertas 500 dan 1.000 dari Seri Mahatma Gandhi.

2. Rupiah (IDR) Indonesia

Dimulai setelah masa kemerdekaan, pada 2 Oktober 1945, pemerintah mengeluarkan Maklumat Pemerintah Republik Indonesia yang menetapkan bahwa uang NICA tidak berlaku di wilayah Republik Indonesia. Lalu pada 3 Oktober 1945, menetapkan bahwa Indonesia memiliki empat mata uang yang sah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)