Keyakinan Konsumen Tetap Terjaga, Pengamat: Berkat Stabilitas Ekonomi

Jum'at, 16 Juni 2023 - 11:21 WIB
loading...
Keyakinan Konsumen Tetap Terjaga, Pengamat: Berkat Stabilitas Ekonomi
Pengamat mengatakan, meningkatnya indeks keyakinan konsumen terhadap ekonomi menegaskan keberhasilan Menko Bidang Perekonomian menjaga stabilitas ekonomi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Hasil survei konsumen Bank Indonesia (BI) yang mencatat indeks keyakinan konsumen (IKK) terhadap ekonomi RI naik dari 126,1 menjadi 128,3 pada Mei 2023. Pengamat sekaligus Akademisi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul, Iswadi mengatakan, meningkatnya indeks keyakinan konsumen terhadap ekonomi menegaskan keberhasilan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto .

"Capaian tersebut tidak lepas dari “tangan dingin” kerja Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang secara khusus mendapatkan tugas dari Presiden Jokowi untuk mengendalikan stabilitas Perekonomian Nasional," ujar Iswadi, Rabu (14/6/2023).



Sambungnya terang dia, Airlangga di awal ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional telah melakukan seluruh program secara terstruktur, terkoordinasi, dan terintegrasi ke dalam satu kelembagaan.

"Airlangga telah melaksanakan program dan kebijakan secara lebih terkoordinasi dan terintegrasi, sehingga dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dan menyelamatkan perekonomian dari potensi terjadinya krisis," ucapnya.



Ia mengungkapkan, hasil itu juga seiring dengan tumbuhnya perekonomian Indonesia pada kuartal I-2023 sebesar 5,03% secara year on year (yoy). Ia optimistis, pertumbuhan ekonomi pada 2023 akan tumbuh di angka 5,3%, meskipun pada 2023 sudah memasuki tahun politik.

"Dengan optimisme masyarakat, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2023 diperkirakan akan lebih tinggi dibandingkan kuartal I-2023. Ini kemudian akan berdampak ke pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan lebih tinggi di kisaran 5,3 persen," papar Airlangga.

Kemudian, seiring dengan pulihnya pandemi dan kondisi perekonomian nasional, pemerintah telah menerapkan sejumlah kebijakan untuk penyesuaian masa transisi pasca pandemi. "Dengan pencapaian luar biasa tersebut Airlangga Hartarto layak meneruskan kepemimpinan pemerintahan Jokowi," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)