PaDi UMKM Expo 2023 Jadi Ajang BUMN Dukung Pelaku Usaha Kecil

Sabtu, 17 Juni 2023 - 15:10 WIB
loading...
PaDi UMKM Expo 2023 Jadi Ajang BUMN Dukung Pelaku Usaha Kecil
Sejumlah BUMN terus mendukung pengembangan UMKM. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) mendukung pengembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ) nasional melalui penyelengaraan Pasar Digital (PaDi) UMKM Expo 2023. Kegiatan expo dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara luring di Gedung Sarinah Jakarta dan secara daring pada platform PaDi UMKM, 14-28 Juni 2023.



SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, mengatakan PaDi UMKM menjadi ekosistem digital pengembangan UMKM nasional untuk naik kelas serta meningkatkan kualitas dan daya saing produknya masing-masing. Ekosistem digital ini juga bertujuan menciptakan transaksi bisnis antara perusahaan BUMN dengan pelaku UMKM.

Menurut Wijaya, Pupuk Indonesia menjadi salah satu BUMN yang berkontribusi pada pengembangan UMKM nasional melalui penyerapan produk dalam negeri atau UMKM itu sendiri. Berdasarkan data Kementerian BUMN, transaksi Pupuk Indonesia pada PaDi UMKM tercatat sebesar Rp438 miliar atau terbesar ke-3 pada tahun 2022.

“Pada pelaksanaan PaDi UMKM Expo 2022, Pupuk Indonesia memperoleh peringkat 3 untuk klasifikasi Perusahaan BUMN kategori A untuk volume penyerapan atau pembelian produk dalam negeri atau UMKM melalui PaDi UMKM. Hal ini juga menandakan bahwa Pupuk Indonesia Grup mendukung pengembangan pelaku UMKM nasional,” demikian ungkap Wijaya, dalam keterangannya, Sabtu (17/6/2023).

Selain menjadi upaya pengembangan UMKM nasional, program kolaborasi Kementerian BUMN dengan perusahaan BUMN dengan nilai transaksi yang besar.

Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Hattari mengatakan bahwa nilai transaksi belanja produk dalam negeri BUMN melalui pasar digital sebesar Rp28 triliun dari total transaksi senilai Rp 550 triliun pada tahun 2022.

“Dari nilai realisasi belanja Rp550 triliun di tahun 2022, sekitar Rp28 triliunnya itu produk UMKM yang dibeli dari platform PaDi UMKM. Ini membuktikan bahwa BUMN kita aktif membeli produk UMKM,” ungkap Rabin.

Melihat data realisasi belanja produk dalam negeri BUMN yang tinggi, Rabin mengapresiasi langkah PT Pupuk Indonesia (Persero) dengan holding PT Perkebunan Nusantara III yang telah menyelenggarakan PaDi UMKM Expo tahun 2023.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan bahwa PaDi UMKM Expo menjadi upaya pemerintah mengembangkan pelaku UMKM nasional dengan menyediakan akses pasar yang baru. Pasalnya, sampai saat ini telah ada 95 perusahaan BUMN dan anak perusahaannya yang telah mengimplementasikan PaDi UMKM dengan kurang lebih 8.000 buyer yang memiliki kewenangan untuk melakukan transaksi belanja di marketplace PaDi UMKM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)