ASN Antusias Hijrah ke IKN Nusantara, Menpan-RB: Sampai Hari Ini Tak Ada yang Menolak

Senin, 19 Juni 2023 - 21:21 WIB
loading...
ASN Antusias Hijrah ke IKN Nusantara, Menpan-RB: Sampai Hari Ini Tak Ada yang Menolak
Menpan-RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, hingga saat ini tidak ada aparatur sipil negara (ASN) yang enggan untuk dipindahkan ke IKN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan-RB ) Abdullah Azwar Anas mengatakan, banyak aparatur sipil negara ( ASN ) yang ingin ikut pindah ke Ibu Kota Nusantara ( IKN ). Diterangkan olehnyahingga saat ini tidak ada ASN yang enggan untuk dipindahkan ke IKN. Bahkan, banyak yang justru meminta untuk dipindahkan pada tahap pertama proses pemindahan ASN di 2024 nanti.

“Sampai hari ini belum ada di meja saya ASN yang menolak untuk dipindahkan ke IKN. Justru ada yang tidak masuk lingkup pemindahan, tetapi mereka minta dimasukkan di dalam skema pemindahan, terutama anak muda,” ujar Menpan-RB Anas saat ditemui di kantor Kemenpan-RB, Jakarta, ditulis Senin (19/6/2023).



Menurutnya, para ASN muda tertarik untuk pindah karena IKN akan menerapkan sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) serta bekerja dengan cara-cara yang lebih modern.

Kemenpan-RB pun telah melakukan simulasi bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait rencana pemindahan. Proses ini sudah tuntas sehingga pemerintah sudah mengetahui ASN dari Kementerian/Lembaga apa yang akan pindah pada tahap pertama.

"Terkait pemindahan ASN sudah disimulasikan bersama BKN, sudah tuntas simulasinya. Untuk menentukan eselon 1 dari mana saja, dari kementerian apa dan termasuk proses pemindahan. Kita tinggal menunggu tower rumah dinasnya ASN yang disiapkan di sana," tambahnya.

Sementara itu, ketika ditanya mengenai apakah akan ada pembukaan seleksi CPNS atau PPPK hingga honorer khusus penempatan di IKN, Anas mengatakan, pihaknya terus melakukan pembahasan mengenai hal ini.

"Nah soal IKN ini ada pemberlakuan khusus ya, sedang dibahas ini," terangnya.

Sebagai informasi, Menpan-RB Anas sebelumnya memastikan pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) telah disiapkan pemerintah sebaik mungkin.

Adapun pada tahap pertama, atau pada 2024, ASN, TNI, dan Polri yang dipindahkan sebanyak 16.990 orang yang terdiri atas 11.274 ASN dari 40 kementerian dan lembaga, serta serta TNI/Polri sebanyak 5.716 personil.

Anas pun meminta kepada ASN yang sedang dipersiapkan pindah untuk bersiap-siap dalam menunggu tahapan awal perpindahan ASN yang terjadi pada 2024 nanti.

"Progres pembangunan (IKN Nusantara) berjalan baik dan luar biasa. Tentunya ini diharapkan dapat menunjang target pemerintah untuk pemindahan ibu kota serta kepindahan ASN, TNI, Polri tahap awal pada 2024 nanti," ujar Menpan-RB Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resmi, dikutip Senin (12/6).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)