Jaga Stabilitas Harga dan Rupiah, BI Disarankan Tahan Suku Bunga

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:12 WIB
loading...
Jaga Stabilitas Harga dan Rupiah, BI Disarankan Tahan Suku Bunga
Bank Indonesia (BI) disarankan untuk tetap mempertahankan suku bunga kebijakannya di 5,75%. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) disarankan untuk tetap mempertahankan suku bunga kebijakannya di 5,75%. Hal ini guna menjaga stabilitas harga dan nilai tukar sambil melanjutkan langkah-langkah makroprudensial agar tetap akomodatif untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Sebagai informasi, bank sentral hari ini dan besok (22/6) menggelar rapat dewan gubernur (RDG) dan ihwal suku bunga acuan rencananya akan diumumkan besok.

"Mencermati perkembangan terkini, angka inflasi diperkirakan akan semakin menurun dan berada dalam kisaran target BI, dengan inflasi inti yang masih terkendali," ujar pengamat ekonomi makro dan pasar keuangan LPEM FEB Universitas Indonesia, Teuku Riefky dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Meski menyempit, sambung dia, neraca perdagangan Indonesia tetap membukukan surplus. Selain itu, kondisi ekonomi domestik juga masih kuat dengan permintaan yang meningkat, menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan.

Terlebih, bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve atau The Fed mempertahankan suku bunga acuannya di level 5,00-5,25% dalam pertemuan FOMC terakhir.

"Dari sisi eksternal, jeda kenaikan suku bunga kebijakan oleh the Fed saat ini membawa angin segar bagi Indonesia untuk menikmati arus modal masuk," ungkapnya.



Riefky memandang, permintaan obligasi Indonesia masih menjanjikan karena perbedaan imbal hasil antara obligasi pemerintah Indonesia dan US Treasury masih menarik.

Episode aliran modal masuk yang terus berlangsung mendorong rupiah menguat ke kisaran 14.800-14.900 per dolar AS.

Arus modal masuk yang terus berlanjut memperkuat rupiah menjadi sekitar Rp14.800 per dolar AS dengan tingkat apresiasi terhadap dolar AS mencapai 3,6% (year to date/ytd) pada 19 Juni dibandingkan awal tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4360 seconds (0.1#10.140)